Bule… oh Bule…

Tadi Ina dapet pengalaman yang bener2 ga akan Ina lupain deh…

Tadi kan Ina lagi di kopma,,,
trus ada seseorang yang ngomong ke Ina dg suatu bahasa yang kurang jelas…
Begitu Ina liat,,, weits,,, yang ngomong itu bule!!!
Bule beneran ya,,, bukan bule FKM 07…

Trus Ina langsung speechless gitu,, bingung mau ngomong apa…
Akhirnya keluar juga kalimat dari mulut Ina,, dan bagusnya kalimat yang keluar itu dalam bahasa Inggris… (hehehe,,, loadingnya bagus juga ya??? ;D)

Pardon me, I don’t understand what you mean?” dengan bahasa yang lumayan kaku…
“Are you speaking English?” tanyanya dengan wajah agak kaget namun ada raut senang di sana.
“Umm, just a little, hehe,” Ina jadi salting gitu…
“I’m looking for cigarretes, where I can buy it?” tanya gadis bule itu…
(Wew, rokok??? Di FKM nyari Rokok??? Hahaha,, ga bakal nemu,,, kata Ina dalam hati)

Singkat cerita,, Ina tunjukkin aja tempat yang jual rokok di luar FKM..
Huah,, seneng rasanya bisa mempraktekkan B.Inggris langsung dg Bule…
Pengalaman perdana yang ga akan terlupakan nih,, hehehe :D

Anak Hutan (Sebuah Renungan)

 

Dulu kala ada seorang anak yang tinggal di hutan. Sebagai seorang anak yang dibuang oleh orang tuanya, ia tumbuh sebagaimana adanya. Tak ada binatang hutan yang merawatnya sebagaimana cerita Mogli, Tarzan atau Wiro Si Anak Rimba. Ia benar-benar hidup tanpa dimangsa apapun, memakan apapun dan minum dari tetesan-tetesan embun dan hujan. Ia hidup dan mulai beranjak remaja. Dari sinilah ia memulai perjalanannya.

Ia berjalan tak tentu arah. Ia hanya tahu berjalan sampai lelah dan istirahat. Tak terasa ia menjumpai sebuah telaga. Melihat air, ia bergegas minum. Alangkah kagetnya ia melihat sesosok wajah dekil, hitam, jelek, dan berambut panjang. Ia pun berusaha menghilangkan wajah buruk itu dari tempat minumnya. Air telaga di acak-acaknya agar si wajah buruk hilang. Benar saja. Wajah buruk itu tampak lebih buruk karena tercabik-cabik. Tapi, setelah air tenang wajah buruk itu muncul lagi. Ia ketakutan dan lari sekencang-kencangnya.

Kini sampailah ia pada sebuah desa. Dengan mengendap ia masuk ke desa tersebut. Saat melewati dapur sebuah rumah, alangkat terkejutnya ia. Dilihatnya kembali wajah buruk rupa yang dekil, hitam, jelek, dan berambut panjang itu pada sebuah panci besi mengkilap. Dengan geram ia menerobos pintu dapur dan mengambil panci tersebut. Dipukulkannya panci tersebut sampai ia benar-benar puas dan yakin si wajah buruk rupa hilang dalam alat masak yang kini penyok-penyok itu.

Saat ia sadar keadaan di sekelilingnya, penduduk desa sudah berkumpul. Semua penduduk memandanginya dengan tatapan penuh selidik. Ya, sepanjang sejarah desa itu penduduk desa tak pernah melihat ada orang yang dekil, hitam, jelek dan berambut panjang berkelahi dengan sebuah panci.

(Sumber: www.haryomojo.wordpress.com)

* * *

Ina dapet artikel ini dari seorang teman. Begitu selesai Ina baca, Ina jadi berfikir, jangan-jangan Ina selama ini seperti anak hutan tersebut. Selalu mencari kambing hitam atas segala kesalahan. Nggak pernah mau berfikir kalau mungkin penyebab semua kesalah itu adalah Ina sendiri.

Memang, mengalahkan ego sendiri tidak mudah. Namun, hal yang tidak mudah itu bukan berarti tidak bisa dilakukan kan??? Selama kita punya tekad yang kuat, InsyaAllah kita bisa melakukannya. If there is a wiil, there is a way, iya kan??? Selamat meng-introspeksi diri ya… Semoga kita tidak seperti anak hutan dalam cerita di atas… ^_^

CurhatQu: cintanya dan cinta-Nya

Kala cinta pada manusia adalah segalanya…

Indahnya impian dan harapan telah membutakan mata…

Hingga menipuku dalam sandiwara sempurna

Yang aku dapat hanya luka mendalam dan sulit kusembuhkan

Kucoba seperti tak ada apa-apa,,,

Kucoba yakinkan kukan baik-baik saja…

Akhirnya kulelah bertahan,,

dan ingin kucurahkan sgala rasa kekecewaan….

Terasa menyesakkan dada,, kala cinta pada manusia

Dikhianati tinggalkan kusendiri….

Hanya air mata bicara,, tanda hati hancur terluka

Kau masih saja menemani setia…

Tiada Kau lelah akan keluhan…

Tiada Kau marah karena bosan mendengarku yang telah melupakan-Mu…

Kini aku mengerti bahwa Engkau saja yang tak akan pernah mengecewakanku…

Kata-kata di atas Ina kutip dari lirik lagunya tim nasyid Shaffix… Ada yang pernah merasakan hal yang sama??? Sama,, Ina juga pernah,, hehehe… Dan ternyata,, emang bener,, cuma Dia yang ga pernah bikin Ina kecewa… Padahal Ina suka lupa mengikutsertakan Dia dalam setiap langkah Ina… Astaghfirullah…

Tapi alhamdulillah-nya,, Dia masih sayang sama Ina,, sehingga Ina masih diberi kesempatan untuk mengintrospeksi diri saat ini,, saat masih di dunia… Kalo udah sampe akhirat kan susah… So,, jangan sampe cinta padanya mengalahkan cinta pada-Nya ya… Ayo kita berlomba meraih cinta-Nya… Semangat!!! (^o^)

Surat untuk Hujan

Tulisan Ini juga Ina dapet dari teman…

Ina dapet tulisan ini waktu acara Mentoring Pergerakan Mahasiswa…
Yang bikin tulisan ini Bang Zaenal, salah satu pencetus MPM..
***

Surat untuk Hujan

Hujan yang jelek,

Kristal benci kamu! Kemarin waktu Kristal pulang kuliah, kamu turun deraaas sekali. Airmu menembus ke dalam tas Kristal. Gara-gara itu, buku-buku Kristal basah semua.

Kamu tahu, Jan? Kristal betul-betul sedih. Kamu ‘kan tahu Kristal selalu menjaga buku-buku Kristal baik-baik. Bayangkan bagaimana sedihnya Kristal melihat buku-buku itu basah kuyup. Tulisan di buku Kristal luntur semua, tidak bisa diperbaiki. Padahal Kristal masih harus belajar dengan buku-buku itu selama empat – lima tahun, sampai Kristal lulus kuliah.

Setelah merusak buku-buku Kristal, kamu belum puas juga. Airmu, yang mesuk melalui jendela bis kampus yang terbuka, menjitaki kepala Kristal. Kristal kesal! Kok masih-sempat-sempatnya kamu meledek Kristal?

Waktu Kristal menatapmu dengan marah dan kecewa, kamu tidak mau kalah. Mendungmu yang murung, gunturmu yang mengagetkan, seperti sengaja mengajak Kristal berkelahi.

Sekarang Kristal demam nich, Kristal jadi tidak bisa masuk kuliah! Padahal hari ini ada ujian. Gara-gara kamu, Kristal terpaksa ikut ujian susulan. Kamu tidak pernah kuliah khan, Jan? Pantas saja tidak tahu bagaimana tidak enaknya ujian susulan!

Hujan, apa sich salah Kristal? Kristal memang nggak pernah menyukai kesan muran dan sedih yang selalu kamu bawa. Tapi apa Kristal pernah menyakiti atau mengganggu kamu? Tidak khan? Kok kamu tega sich, Jan? Kok kamu jahat?!!

 

_Kristal_

 

Kristal melipat surat untuk Hujan, kemudian menitipkan surat itu pada angin. Dua hari kemudian, Hujan membalas surat kristal.

 

Kristal yang manis,

Hujan minta maaf. Sebetulnya Hujan tak bermaksud menyakiti kamu. Hujan sayang padamu. Kamu sendiri khan, yang duluan memusuhi Hujan? Kamu memang tak pernah menyakiti Hujan, secara fisik. Tapi coba bayangkan betapa sedihnya Hujan setiap kamu menatap benci keluar jendela waktu Hujan turun?

Hujan tahu, sebetulnya kamu ingin sekali menyakiti Hujan. Kalau ada pisau yang bisa membelah mendung dan membuat mendung berdarah, Hujan yakin kamu menjadi orang pertama yang melukai mendung.

Kamu mencintai semua teman Hujan. Kamu mencintai langit siang yang biru dan putih, lembayung yang orange-ungu, langit malam dan bintang-bintangnya… dari semua anggota keluarga langit, cuma Hujan yang kamu benci.

Padahal Hujan sudah berusaha menarik perhatian kamu. Kamu ingat tidak, Hujan pernah sengaja tidak turun waktu kamu sedang diskusi. Malah pernah pada suatu kali, Hujan menunggu sampai kamu masuk ke dalam rumah sebelum melepaskan air yang Hujan bawa. Hujan juga pernah turun agak lama supaya kamu bisa berteduh di kampus dan mengobrol lebih lama dengan teman-temanmu, kemudian membiarkanmu menjadikan Hujan alasanmu pulang sore. Ibumu tidak menyalahkan kamu, dia menyalahkan Hujan. Hujan bersedia menerima umpatan ibumu karena Hujan pikir dangan begitu bkamu bisa melihat betapa Hujan sungguh-sungguh ingin bersahabat denganmu.

Tapi ternyata setelah semua itu kamu tetap membenci langit mendung dan Hujan. Kamu sama sekali tidak tidak pernah mengingat kebaikan yang Hujan coba berikan padamu. Kalau ada temanmu yang menganggap Hujan manis dan romantis, kamu akan memprovokasi mereka supaya ikut membenci Hujan.

Sekarang Hujan balik bertanya, apa salah Hujan?

Kristal sayang,

Hujan juga punya batas kesabaran. Empat hari yang lalu Hujan tidak bisa menahan kekecewaan Hujan pada kamu. Hujan pikir, “Kalau kamu memang menganggap Hujan jahat, pemurung, dan perusak, oke! Inilah Hujan yang perusak itu!”. Maka turunlah Hujan sederas-derasnya, menjadikan langit segelap-gelapnya, dan menyambarkan petir sekeras-kerasnya. Hujan membiarkan kamu dan barang-barangmu basah kuyup, membiarkan kamu kedinginan sampai akhirnya jatuh sakit.

Tapi sekarang Hujan menyesal. Hujang sadar memang Hujan keterlaluan. Hujan tidak tega melihat kamu menangis sambil mengeringkan buku-buku kuliahmu dengan hair dryer, melihat kamu tertidur kecapaian di kamar sendirian, melihat wajahmu memerah karena demam… maafkan Hujan ya…

Hujan membiarkan matahri bersinar secerah-cerahnya supaya barang-barangmu yang basah bisa dijemur, supaya kamu tidak bertambah sakit ketika menatap pemandangan di luar jendela. Tapi hari ini Hujan harus turun lagi, maaf ya. Setelah semua yang telah Hujan lakukan kemarin, Hujan mengerti kalau kamu jadi benci pada Hujan. Sekarang Hujan bisa terima. Hujan memang tidak bisa berubah menjadi teduh dan indah seperti teman-teman Hujan yang lain karena memang beginilah adanya Hujan; murung dan gelap. Semoga cepat sembuh, Kristal. Mulai sekarang Hujan berjanji sebisa mungkin tak akan menyakitimu lagi…

 

_Hujan_

 

Kristal melipat surat yang baru diterimanya. Ia menyingkap tirai jendela kamarnya, kemudian menatap Hujan sedang turun dengan derasnya. Sekarang Kristal tahu bahwa dia adalah bagian dari kemurungan Hujan sore itu. Maka, Kristal mencoba tersenyum pada Hujan, menawarkan sebuah hubungan baru; persahabatan.

Entah kenapa langit berangsur-angsur cerah…

Meskipun Hujan masih turun rintik-rintik…

 

ZCA/FIB UI/2003

This Love

…Ina dapet tulisan ini dari teman…

Ina tulis di sini ya…


This Love …

 

Cinta ibarat KUPU-KUPU

Makin kau kejar, makin ia menghindar

tapi bila kau biarkan ia terbang.

ia akan menghampirimu disaat kau tak menduganya.

cinta bisa membahagiakanmu tapi sering pula ia menyakiti.

tapi cinta itu hanya istimewa, apabila kau berikan pada seseorang yang    

layak menerimanya. ……

jadi….tenang tenang saja jangan terburu-buru

hingga kau bisa memilih yang terbaik.

 

untuk kalian yang ……RAGU – RAGU DENGAN PERNIKAHAN

Cinta bukanlah perkara menjadi “ORANG SEMPURNA”nya seseorang.

justru perkara menemukan seseorang yang bisa membantumu menjadikan dirimu sempurna.

 

untuk kalian yang…….TIPE PLAYBOY / PLAYGIRL

Jangan katakan “AKU CINTA PADAMU” bila kau tidak benar-benar peduli padanya.

Jangan bicarakan soal perasaan -perasaan itu bila tidak benar – benar adanya.

Jangan kau Sentuh hidup seseorang bila kau berniat mematahkan hatinya.

Jangan menatap kedalam matanya bila yang kau katakan cuma DUSTA.

Hal terkejam yang bisa dilakukan ialah membuat seseorang jatuh cinta,padahal kau tidak berniat sama sekali untuk menerimannya saat ia terjatuh….

 

Untuk kalian yang ……… SUDAH MENIKAH

Kalau Cinta jangan katakan “INI SALAHMU !” tapi ”maafkan aku ya?”

Bukan ” KAU DIMANA?! ” melainkan “AKU DISINI,KENAPA?”

Bukan “KOK BISA SIH KAU BEGITU ?” tapi “AKU MENGERTI ”

Dan bukan “COBA, SEANDAINYA KAU…. ” akan tetapi “TERIMA KASIH YA, KAMU BEGITU….”

 

Untuk kalian yang…… PATAH HATI

Sakit patah hati bertahan selama kau menginginkannya

dan akan mengiris luka sedalam kau membiarkannya.

Tantangannya bukanlah bagaimana bisa mengatasi melainkan apa yang bisa diambil sebagai pelajaran dan Hikmahnya

 

Untuk kalian yang…….. BELUM PERNAH JATUH CINTA

Bagaimana kalau jatuh cinta : Mau jatuh,
jatuhlah tapi jangan sampai terjerumus, tetaplah konsisten tapi jangan terlalu “NGOTOT”

Berbagilah dan jangan sekali – kali tidak Fair.

Berpengertianlah dan cobalah untuk tidak menuntut,

siap – siaplah untuk terluka dan menderita,tapi jangan kau simpan semua rasa sakitmu itu.

 

Untuk kalian yang …….. INGIN MENGUASAI

Hatimu patah melihat yang kau cintai berbahagia dengan oranglain, tapi seharusnya akan lebih sakit mengetahui bahwa yang kau cintai ternyata tidak bahagia bersamamu.

 

Untuk kalian yang…….. TAKUT MENGAKUI

Cinta menyakitkan bila anda putuskan hubungan dengan seseorang. malah lebih sakit lagi bila seseorang memutuskan hubungan denganmu.

Tapi cinta paling menyakitkan bila orang yang kau cintai sama sekali tidak mengetahui perasaanmu terhadapnya.

 

Untuk kalian yang…….. MASIH BERTAHAN MENCINTAI SESEORANG YANG SUDAH PERGI

Hal menyedihkan dalam hidup ialah bila kau bertemu seseorang lalu jatuh cinta,hanya kemudian pada akirnya kau menyadari bahwa dia bukanlah jodohmu.

Dan kau telah menyia2kan bertahun-tahun untuk seseorang yang tidak layak. kalau sekarangpun ia sudah tak layak, 10 tahun dari sekarangpun ia juga tak akan layak.

maka biarkan ia pergi dan lupakan….. ….