Cantik Namun Mematikan

Jangan terkecoh dengan penampilan yang cantik. Mungkin saja dibalik kecantikan itu terdapat racun yang dapat melumpuhkan dalam sekejap. Begitu juga dengan bunga-bunga di bawah ini. Indah dipandang, tapi memiliki racun yang mematikan.

1. Autumn Crocus

Merupakan salah satu tumbuhan paling beracun di dunia, mungkin ini yang paling beracun. Mengandung colchicine, obat mematikan yang biasa digunakan untuk perawatan encok.

Racun yang terkandung di dalam bunga ini sejenis dengan arsenik yang tidak ada obatnya. Keracunan tanaman ini dapat menyebabkan penyakit jantung dan hilangnya tekanan darah.

2. Oleander

Oleander dikenal sebagai salah satu tanaman yang paling beracun di bumi, sering digunakan untuk bunuh diri. Berbagai macam racun terkandung di seluruh bagian tanaman ini, seperti Oleandrin dan neriine, menyebabkan gangguan sistem saraf, gangguan pencernaan, dan sistem kerja peredaran darah, dimana ke semua itu terjadi secara bersamaan.

Korban akan mengalami gejala kehilangan kesadaran, tubuh bergetar, rasa sakit, koma, hingga kematian. Getahnya dapat menyebabkan iritasi kulit dan kebutan pada mata.

3. Rhododendron

Tanaman ini apabila musim berbunga tampak sangat indah sekali. Dalam sebuah rekaman, menceritakan tingkah laku yang aneh pada sejumlah pasukan Inggris saat memakan madu dari bunga ini. Rhododendron mengandung andromedatoxin yang menyebabkan muntah, rasa sakit yang hebat kejang-kejang hingga kematian.

4. Angel’s Trumpet

Jangan terkecoh dengan namanya, tanaman ini mengandung racun yang bisa sangat fatal untuk manusia maupun hewan. Bunga ini terkenal sebagai halusinogen yang sangat kuat karena mengandung zat tropane alkaloids.

5. Belladona

Dikenal sebagai salah satu tumbuhan paling beracun di Barat Hemisphere, Belladona mengandung tropane alkoids yang berpotensi membahayakan. Seluruh bagian tanaman ini berbahaya, tapi bagian yang paling berbahaya adalah buahnya yang sepertinya enak dimakan, khususnya membahayakan anak-anak.

Gejala yang terjadi dari racun bunga ini adalah pupil mata membesar, penglihatan menjadi kabur, sakit kepala, berhalusinasi dan kegilaan. Atropine racun yang terkandung di dalam bunga ini mengganggu sistem saraf membuat gangguan pernapasan, berkeringat dan detak jantung.

6. Lyly of the valley

Lyly of the valley terlihat sangat cantik dan tampak tidak berbahaya. Mengkonsumsi satu atau dua dari bunganya yang berbentuk bell tidak terlalu menyakiti orang dewasa.

Apabila dimakan dalam jumlah cukup banyak, bunga ini bisa menyebabkan rasa sakit di mulut, muntah-muntah, keram di seluruh tubuh, dan diare. Racun di bunga ini juga menyebabkan disfungsi jantung dan detak jantung yang melemah.

7. Daphne

Bunga daphne juga dikenal dengan nama lady laurel atau tanaman surga. Seluruh bagian dari bunga ini beracun, tapi bagian yang paling beracun terkonsentrasi pada getah dan buahnya.

Daphne mengandung mezerine dan daphnin, merupakan racun kuat yang dapat menyebabkan sakit perut parah, sakit kepala, diarhea, kegilaan, dan sawan. Jika buah daphne dikonsumsi secara berlebihan, dapat menyebabkan koma bahkan kematian.

Sumber: di sini

10 thoughts on “Cantik Namun Mematikan

  1. Ngeliat judulnya sy kira tentang “apa” gitu…..:DEh ga taunya dikasih liat yg indah-indah, jd pengen ngoleksi…hehe gak nyangka ya, bunga yang indahnya bener2 memanjakan mata menyimpan senjata rahasia yg berbahaya……

  2. cassanovadi said: Ngeliat judulnya sy kira tentang “apa” gitu…..:DEh ga taunya dikasih liat yg indah-indah, jd pengen ngoleksi…hehe gak nyangka ya, bunga yang indahnya bener2 memanjakan mata menyimpan senjata rahasia yg berbahaya……

    hayoo, ngira ttg apa tadi?? :pkoleksi aja, ka.. siapa tau dibutuhkan suatu saat.. :D

  3. jauzaalkhansa said: hayoo, ngira ttg apa tadi?? :pkoleksi aja, ka.. siapa tau dibutuhkan suatu saat.. :D

    Tentang “itu” tuh….hehehe masa ga tau sih :pSiap! siapa tau suatu saat bisa diolah jd kuliner yang rasanya lebih nikmat dari tumis kangkung….*nyarimati ^^

  4. cassanovadi said: Tentang “itu” tuh….hehehe masa ga tau sih :pSiap! siapa tau suatu saat bisa diolah jd kuliner yang rasanya lebih nikmat dari tumis kangkung….*nyarimati ^^

    ambigu ah.. “itu” kan bisa berarti banyak.. :pbolebole, resep baru tuh, ka.. tapi kalo resep ini ina ga mau ikutan nyicip.. :D

  5. jauzaalkhansa said: ambigu ah.. “itu” kan bisa berarti banyak.. :pbolebole, resep baru tuh, ka.. tapi kalo resep ini ina ga mau ikutan nyicip.. :D

    haha emang sengaja dibikin ambigu :pYahhh kok ga mau nyicip sih, di tempat masaknya sudah standby ambulan yg siap siaga kok bila terjadi hal-hal yg tidak diinginkan…:D*rayuanuntukmenjadikelincipercobaan

Thanks for your reply.. ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s