Panggilan Sayang

Hari ini saya kesal..
Kenapa? Alasan yang sepele sebenarnya.. Karena sebuah panggilan..
Ya, sebuah panggilan, sebuah nama yang digunakan beberapa teman untuk memanggil saya..

Kekanak-kanakan?? Mungkin. Tapi saya memang tidak suka dengan panggilan itu. Saya sudah pernah mencoba membicarakan ketidaksukaan saya ini kepada teman saya. Tapi mereka berdalih, “Itu kan panggilan “sayang”, Na.”. Tapi entah kenapa, saya tidak merasakan rasa “sayang” di panggilan itu.

Akhirnya, saya mencoba untuk menerima. Mungkin benar, itu cara mereka mengekspresikan rasa sayang kepada saya. Mungkin saya saja yang terlalu sensitif. Saya pun mulai mencoba menerima dengan lapang dada, mencoba tersenyum ketika dipanggil dengan panggilan itu. Tapi sangat sulit. Sampai sekarang pun masih ada rasa kesal terselip kalau ada teman yang memanggil dengan panggilan itu.

Pada kajian beberapa hari yang lalu, dibahas mengenai perkara lisan-lisan yang berdosa. Ternyata, betapa mudahnya kita menyakiti hati saudara kita dengan kata-kata, bahkan yang kita anggap baik. Saya jadi berpikir, mungkin selama ini saya juga banyak salah, memanggil seseorang dengan panggilan yang tidak dia sukai. Jadilah saya juga dipanggil dengan panggilan yang saya benci. Astaghfirullah, semoga Allah mau mengampuni saya.

So, untuk teman-teman yang saya sayangi karena Allah, saya hanya ingin sedikit mengingatkan (terutama kepada diri saya sendiri). Panggillah saudara/teman/sahabatmu dengan panggilan yang dia sukai.. Jangan memanggilnya dengan panggilan yang akan membuatnya sedih, bahkan sakit hati, walaupun kita meniatkan panggilan itu sebagai panggilan “sayang”.. Karena sesungguhnya, menyayangi itu adalah dengan menyenangkan hatinya, bukan menyakitinya..

2 thoughts on “Panggilan Sayang

Thanks for your reply.. ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s