Datang dan Pergi

Dua hari yang lalu, ina mendapat kabar bahwa ayah salah satu teman ina meninggal dunia karena kanker saluran getah bening. Innalillahi wainna ilaihi roji’un..

Ya Allah, ina membayangkan bagaimana perasaan teman ina itu. Pasti sangat kehilangan. Bulan Ramadhan ini akan menjadi Ramadhan pertama tanpa ayah di sampingnya. Saat wisuda pun tak kan ada ayah yang tersenyum penuh kebanggaan melihat putrinya memakai toga. Pun tak kan ada ayah yang berkaca-kaca bahagia di hari pernikahannya kelak.

Setelah mendengar berita ini, ina pun merenung. Telah siapkah ina saat orang-orang yang ina cintai dipanggilNya?? Berkaca pada hati yang paling dalam, sungguh, ina belum siap, Ya Rabb. Ina belum sempat membalas kebaikan Ummi dan Abi, walau ina tahu kebaikan mereka tidak akan mungkin terbalaskan secara penuh.

Karena itu, Ya Rabb, ina mohon dengan segala nama yang Kau miliki, tolong jagalah Ummi dan Abi dikala penjagaan ina tak sampai pada mereka. Sayangilah mereka dikala rasa sayang ina tak sanggup merengkuh mereka dalam dekapan nyata. Karena Kau punya segala yang tidak ina punya. Dan karena ina tahu, hanya dengan bergantung padaMu-lah tidak akan ada rasa kecewa.

Teringat perkataan seorang teman sebelum dia pergi (dulu pernah ina post di sini). “Setiap kita pasti akan kehilangan. Kita mungkin akan kehilangan teman, sahabat, adik, kakak, dan juga orang tua. Mereka mungkin hanya mampir sesaat dalam kehidupan kita. Ketika mereka pergi, kita pun akan merasa kehilangan. Dari sana kita dapat pelajaran: berbuat baik pada orang yg kita temui sekarang adalah lebih baik dibandingkan kita terus merindukannya ketika dia sudah pergi. Lalu, akan datang orang2 baru yg akan memberi warna di kehidupan kita. Mereka datang dan pergi. Kita pasti berharap mereka akan pergi dg perasaan yg bahagia dan mungkin mereka akan terus merindukan kita. Dan ketika mereka pergi, kita juga harus berdoa supaya kita dan mereka bisa kembali berkumpul bersama di surga yg abadi; sebuah tempat yg tidak ada datang dan pergi.”

Semoga kita selalu bisa memanfaatkan setiap kesempatan yang ada. Sayangi orang di sekitar kita sebelum terlambat dan akhirnya kita menyesal. Karena penyesalan tidak akan pernah mengubah keadaan.

“Never take someone for granted. Hold every person close to your heart. Because you might wake up one day and realize that you’ve lost a diamond while you were too busy collecting stones” (Unknown)

2 thoughts on “Datang dan Pergi

Thanks for your reply.. ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s