Idealisme VS Realita

Bismillah.

Hari ini ina pergi ke sebuah instansi di Jakarta. Biasa, mencoba mengadu nasib, siapa tahu berjodoh di sana. Hehe. Di sms pemberitahuannya, agenda hari ini adalah mengambil nomor tes dan penjelasan mengenai tata cara lamaran (mulai dari berkas, waktu tes, dan segala macamnya). Dengan ditemani laki-laki paling hebat sedunia (baca: Abi), ina sampai di tempat itu sekitar jam 10. Ternyata antrian sudah panjang. Ina dapet nomor tes 212, kayak kapaknya Wiro Sableng ya. Hehe.

Sambil menunggu antrian untuk daftar dan mengambil formulir, ina melihat sekeliling. Banyak juga yang datang melamar. Saat sedang melihat-lihat, tatapan ina terhenti pada sosok berjilbab yang tidak asing. Seperti pernah lihat di mana gitu. Dan ternyata benar. Setelah diingat-ingat, ina pernah ketemu dia di salah satu acara kampus. Waktu itu ina jadi panitia dan dia jadi peserta, tapi sekarang keadaannya berbalik, dia panitia tes penerimaan karyawan baru dan ina peserta.

Tapi ada yang berubah darinya. Seingat ina, dulu dia berjilbab panjang, berbaju panjang dan rok panjang yang lebar. Sekarang jilbabnya masih masih cukup panjang, baju atasannya pun panjang, tapi roknya berganti jadi celana panjang. Kenapa bisa berubah ya? Apa kerja di sini tidak boleh pake rok? Terus kalo tetap bersikeras memakai rok apa tidak akan diterima? Bermacam pertanyaan mulai muncul di pikiran ina.

Realita memang tidak selalu sejalan dengan idealisme yang kita anut. Dan saat itulah kita harus memilih, akan tetap teguh dengan idealisme kita atau pasrah dengan realita yang ada. Memang banyak instansi yang melarang karyawannya mengenakan rok panjang, bahkan melarang mengenakan kerudung. Tapi kita bisa memilih kan? Selama idealisme yang kita anut berlandaskan perintah-Nya, hal itu sangat layak untuk kita perjuangkan. Tidak perlu takut nggak dapet kerja karena kita kekeuh pada prinsip kita. Toh Dia yang Maha Pemberi Rezeki. Selama cara kita baik dan sesuai jalur, insyaAllah tidak akan disia-siakan oleh-Nya. Semoga Allah selalu memberi kekuatan kepada kita untuk bisa istiqomah di jalan-Nya. Aamiin.

15 thoughts on “Idealisme VS Realita

  1. yep… rejeki udah diatur sama yang di atas (bukan cicek lho..!), masih baaaaanyak janda-janda miskin, eh, maksudnya masih banyak instansi yang menerima jilbab kita apa adanya…*SEMANGAT, Na! :D

  2. betul.. betul mbak, terkadang emang idealisme kita berbenturan dengan realita yang ada, kadang ada yang menyerah pada realita dan mengesampingkan idealisme, dan ada pula yang teguh memegang idealisme, selama masih bnyak jalan yang bisa diambil untuk mempertahankan idealisme itu..tapi pada kenyataannya memang sulit untuk mempertahankan idealisme ya mbak..

  3. jauzaalkhansa said: @akhwapetualang:iya, byk yg dilema kalo dihadapkan situasi yg spt itu, mba.. mudah2an kita diberi kekuatan untuk selalu istiqomah y, mba.. aamiin..

    sipp..delima oh delima.. eh..dilema oh dilema..hhehe..nice share mbak,oia, jangan panggil aq mbak dong… hhe.. aq masih imut2.. hhe

  4. akhwatpetualang said: nice share mbak,oia, jangan panggil aq mbak dong… hhe.. aq masih imut2.. hhe

    terima kasih.. saling mengingatkan ya.. :)oke, kita saling panggil nama aja gimana? saya juga masih imut soalnya..*PD abis.. hehepanggil aja saya ina, kalo ukhti??

  5. jauzaalkhansa said: hehe, emang sih aku udah tua.. :Demang sarah tingkat berapa (kalo kuliah)?atau jangan2 masih SMA?? hehe..

    hihi.. mbak.. mbak..sarah SMA tapi udah lulus.. :Phehehesekarang kuliah baru masuk mbak, smester 1.. hhe

  6. akhwatpetualang said: hihi.. mbak.. mbak..sarah SMA tapi udah lulus.. :Phehehesekarang kuliah baru masuk mbak, smester 1.. hhe

    ya ampuuuun, ternyata kamu bener2 masih imut.. hehe..semangat kuliahnya ya, de.. semoga lancar sampe akhir.. :)

Thanks for your reply.. ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s