[FF] Gadis dan Bapak Tua

Suatu sore, di depan sebuah universitas terkemuka di ibukota. Seorang gadis sedang menunggu bis untuk pulang ke rumahnya. Tangan kanannya memegang payung, sedangkan yang kiri memeluk tas laptopnya. Di bahu kanannya tersampir tas selempang yang menambah beban bawaannya.

Hujan deras sudah turun dari tadi dan belum ada tanda akan berhenti. Sepatu dan rok gadis itu mulai kuyup. Beruntung bis yang ditunggu akhirnya tiba. Gadis itu segera beranjak dari tempatnya., berdesakan dengan penumpang lain yang memiliki tujuan yang sama.

Hap! Gadis berhasil naik ke dalam bis. Kerepotan dia menutup payungnya. Namun tak lama, ada seorang bapak tua yang menggeser posisi duduknya supaya si gadis bisa duduk di sebelahnya. Tidak hanya itu, bapak tua itu juga membantu melipat payungnya.

Akrablah si gadis dengan bapak tua itu. Sepanjang perjalanan bapak tua itu banyak berkisah: tentang masa mudanya, tentang keluarganya, tentang pelajaran hidup. Bahwa hidup itu harus diperjuangkan, bahwa hidup tidak pantas untuk dikeluhkan, bahwa nikmatNya jauh lebih banyak dari yang kita sadari.

Seperti biasa, si gadis selalu menjadi pendengar yang baik, sesekali mengangguk, menanggapi, dan tersenyum. Tapi dengan begitu dia jadi dapat banyak pelajaran dan renungan. Betapa selama ini dia sangat kurang bersyukur, betapa selama ini dia terlalu sering mengeluh, betapa selama ini dia terlalu mudah menyerah. Gadis pun bertekad akan menjalani hidup dengan lebih baik.

Allah memberikan hikmah dan pelajaran lewat setiap peristiwa. Semoga kita bisa memetik hikmah dari setiap peristiwa yang kita alami dan menjadikannya semangat untuk selalu memperbaiki diri dalam menjalani kehidupan.

6 thoughts on “[FF] Gadis dan Bapak Tua

  1. gamaufiz said: sebuah kisah nyata dengan memposisikan diri sebagai sudut pandang ketiga. menarik. *ngangguk2

    yah, ketauan deh.. hehesekalian belajar, soalnya dulu lebih sering nulis cerita pake sudut pandang orang pertama..

  2. jauzaalkhansa said: yah, ketauan deh.. hehesekalian belajar, soalnya dulu lebih sering nulis cerita pake sudut pandang orang pertama..

    sudut pandang orang pertama..kayak curhat gitu ya? hehe..jadi,penggunaan sudut pandang orang ketiga bisa berfungsi mengalihkan pembaca agar tidak mencurigai adanya kesan curhat dalam suatu tulisan -> kesotoyan anak hukum ngomong ttg bahasa :pyg seru tuh novelnya Conan Doyle yg Sherlock Holmes, sudut pandang yg tidak pernah saya temui di novel2 sebelumnya yg saya baca, can you guess what?

  3. Waduh, bacaannya beratzzz euy.. ina belum pernah baca buku itu.. punya bukunya? mau pinjem kalo punya.. :Diya, rencananya emang mau mengalihkan kecurigaan pembaca, hehe.. tapi pernah juga nulis cerita orang pake sudut pandang orang pertama, malah disangka cerita sendiri.. ckck..

  4. jauzaalkhansa said: Waduh, bacaannya beratzzz euy.. ina belum pernah baca buku itu.. punya bukunya? mau pinjem kalo punya.. :Diya, rencananya emang mau mengalihkan kecurigaan pembaca, hehe.. tapi pernah juga nulis cerita orang pake sudut pandang orang pertama, malah disangka cerita sendiri.. ckck..

    nggak berat kok,malah ringan (literally)..bukunya tipis setipis Ushul Tsalatsah-nya Syekh Muhammad bin Abdul Wahhab,hehe..soalnya per kasus kriminal gitu,jadinya tipis dan lebih murah dari komik,sewaktu beli jaman SMA dulu (jaman2nya masih seneng detektif2an). tapi ntah kemana, mungkin ditumpukan, nanti saya carikan (kalau bnr&brsungguh2 ingin minjem :p)iya bnr,penggunaan sudut pandang org pertama yg menyebabkan disangka cerita sendiri jg dialami oleh Kang Abik sewaktu menulis novel AAC (kata komentar di novelnya,hehe).Nb: satu orang lulusan fkm dan satu orang lulusan fh sedang membicarakan sastra. apakah tsiqah? :D

  5. dulu juga suka baca yg detektif2an gitu, ky buku2 Agatha Christie, 5 sekawan (jaman SMP, langganan pinjem di perpus LIA, hehe).. waduh, kynya susah ya nyarinya.. ga usah deh kalo susah, buku yg harus dibaca masih banyak sebetulnya.. :Dhahaha, tau dah tsiqoh apa ga.. kan hanya penikmat sastra, komentarnya pun dari sudut pandang orang ketiga.. :D

Thanks for your reply.. ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s