Takkan Terganti

Flashback beberapa tahun silam. Saat itu saya baru masuk kuliah. Masih cupu, kuper, karena semasa SMA hanya berteman buku dan kertas ujian. Lingkungan kampus yang baru pun memberikan nuansa yang baru; dinamis, penuh tantangan, dan pastinya penuh hal-hal baru yang mengejutkan.

Seperti biasa, tahun pertama jadi mahasiswa baru tidak lengkap kalau tidak ada ospek. Tugas menggunung, teriakkan dan omelan kakak tingkat yang memekakkan telinga, juga teman-teman baru yang beragam. Saya mulai mengenal “dunia luar”, yang ternyata jauh lebih berwarna daripada dunia saya selama ini.

Saat itulah saya mengenalnya, sebuah jejaring sosial bernama Multiply (MP). Tempat berbagi tulisan, foto, audio dan video. Kenal secara tidak sengaja tepatnya, karena tugas-tugas ospek di-publish melalui MP official panitia ospek fakultas saya. Saya pun membuat sebuah akun MP karena itu merupakan salah satu tugas ospek.

Awalnya biasa saja, hanya berkunjung kemudian berlalu. Tidak ada yang spesial. Hingga di tahun kedua kuliah saya pindah kosan. Ternyata teman sekamar saya adalah salah satu MP holic. Dia yang menunjukkan kepada saya bagaimana asiknya “bermain” MP. Dan kebetulan saya pun punya hobi menulis, curhat lebih tepatnya. Akhirnya, saya mulai jatuh cinta sama MP.

Teman saya di MP pun mulai bertambah. Saya juga berhasil menemukan MP penulis-penulis kesukaan saya. Tidak banyak interaksi memang, karena saya seorang silent reader yang agak susah untuk SKSD. Namun itu sudah cukup membuat saya senang. Teman di dunia nyata pun mulai saya ajak main ke MP. Lumayan, ada beberapa teman yang berhasil terhasut yang akhirnya membuat akun MP, walau pada akhirnya akun tersebut jarang ditengok pemiliknya.

Ketertarikan saya terhadap MP pun mengalami fluktuasi. Ada saat saya jarang sekali posting, bahkan sempat vakum beberapa bulan tidak menengok MP. Tapi tetap saja, saat saya galau, butuh tempat cerita, MPlah yang pertama terbersit di benak saya. Makanya isi MP ini lebih banyak “sampah” curhatan saya. Maaf ya untuk teman-teman MP yang inbox-nya pernah “digentayangi” postingan saya yang aneh-aneh.

Dan sekarang, ada kabar kalau MP akan “digusur”. Rumah maya saya akan menjadi kenangan. Senang, sedih, canda, tawa, semua yang pernah terangkum dalam akun sederhana ini hanya akan tinggal dalam ingatan. Saya punya beberapa akun sejenis MP seperti blogspot, wordpress, tumblr, fb, namun tak ada yang senyaman MP untuk curhat. Tapi ya sudahlah, setiap pertemuan pasti ada perpisahan kan? Goodbye MP, kenangan bersamamu tak akan pernah terganti. :)

***

Telah lama sendiri

Dalam langkah sepi

Tak pernah kukira bahwa akhirnya

Tiada dirimu di sisiku

Meski waktu datang dan berlalu sampai kau tiada bertahan

Semua takkan mampu mengubahku

Hanyalah kau yang ada di relungku

Hanyalah dirimu mampu membuatku jatuh dan mencinta

Kau bukan hanya sekedar indah

Kau tak akan terganti

Lirik di atas saya dedikasikan untuk MP tersayang. Terima kasih telah menemani beberapa tahun ini. :)

2 thoughts on “Takkan Terganti

Thanks for your reply.. ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s