Nikah Muda

Beberapa percakapan di beberapa kesempatan. Kisah Anak-Ayah-yang-Masih-Jomblo (AAyMJ) menghadapi pertanyaan dari beberapa oknum.

Di sebuah dauroh
Oknum 1: Eh, tadi ketemu mba-mba gendong anak. Pas ngobrol ternyata umurnya sepantar kamu. Enak ya kalo nikah pas masih muda.
Oknum2: Kamu kapan? *kompor*
AAyMJ: Kapan ya? Hehe. *nyengir*
Di sebuah walimah
Oknum 3: Eh, pengantin wanitanya umur berapa?
AAyMJ: 20 tahun.
Oknum 3: Masih muda ya, lebih muda dari kamu. Kamu kapan?
AAyMJ: *senyum*

Di sebuah kajian
Oknum 4: Eh, liat nggak anggota kajian yg baru tadi? Pas aku tanya ternyata umurnya sama ky kamu, tapi dia udah nikah, udah punya anak lagi. *kompor*
AAyMJ: Bagus donk. *poker face*

***

Nikah muda, sepertinya sudah jadi cita-cita umum di kalangan ikhwan dan akhwat yang sudah memperdalam agama. Apalagi begitu gencarnya para ustadz memotivasi muridnya untuk menyegerakan menikah. Itu hal yang bagus, apalagi Rasulullah -shalallahu wa ‘alaihi wassalam- juga menganjurkan begitu. Tapi pernahkah kita membayangkan bagaimana perasaan seorang jomblo saat ditodong pertanyaan “kamu kapan (nikah)?” melulu? Kalo pas si jomblo memang sudah dalam proses ke arah sana, atau si penanya memang bertanya untuk sekaligus memberikan solusi sih tidak masalah. Beda kalo misalnya si penanya cuma iseng dan si jomblo adalah orang yang sudah berusaha melakukan ‘proses’ berkali-kali tapi belum ditakdirkan bertemu jodohnya. Sedikit banyak pasti akan ada rasa sedih di sana.

So, hati-hati dalam bertanya, karena terlukanya hati tidak terlihat secara dzahir. Lebih baik mendokan daripada sekadar bertanya tanpa ikut memberikan solusi.

Posted from WordPress for Android

Thanks for your reply.. ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s