Tumbuh ke Atas, Bukan ke Samping

Alhamdulillah, usia Umar sudah hampir 5 bulan. Sebentar lagi insyaAllah lulus ASI eksklusif dan mulai MPASI. Umminya mulai sibuk nih cari-cari resep MPASI yang bergizi dan bisa menambah berat badan. Biar nambah gemuk dikit gitu, kan lucu kalo bayi gemuk.

Ngomong-ngomong soal gemuk, Umar itu tipe anak yang agak susah gemuk deh kayaknya. Badannya langsing kayak Umminya, cuma agak gemuk dikit, sekel berisi gitu lah. Tiap bulan BBnya cuma naik beberapa ons aja, nggak pernah sampe sekilo. Padahal Umar nyusunya kuat banget.

Dulu saya kira menyusui itu gampang, tinggal buka baju terus lep. Eh, ternyata menyusui itu, apalagi eksklusif 6 bulan, adalah perjuangan luar biasa. Mulai dari puting lecet yang sakitnya sampe bikin meriang, Umar yang menyusunya lama sampe berjam-jam seperti nggak kenyang-kenyang, payudara bengkak sampe panas dingin, dan banyak lagi. Puting saya baru sembuh dari lecet pas Umar usia 1,5 bulan. Itu pun nggak bisa dibilang lecet deh kayaknya, soalnya groak gitu kulitnya (sama sebagian dagingnya), jadi kayak kolam gitu loh. Hih, masih kebayang sakitnya kalo kena air pas mandi. Umar juga kayak nggak pernah kenyang, maunya nyusuuu mulu. Saya sampe sakit karena kecapean, BB langsung turun drastis (kalo ini sih seneng juga :D).

Usut punya usut, ternyata Umar lidahnya pendek, atau biasa disebut tongue tie. Saya baru nyadar pas Umar udah hampir 3 bulan, padahal tahu informasi tentang tongue tie udah sejak Umar masih di perut. Qadarullah. Tapi setelah diinsisi tongue tie-nya BBnya juga nggak naik drastis, masih kayak biasa sebelum insisi. Padahal nyusunya sering. Saya sempat ngerasa minder sama anak teman-teman yang sepantaran Umar. Mereka gendut-gendut gitu. Tapi ya sudahlah, syukuri aja. Alhamdulillah Umar sehat jarang sakit. Umar juga lincah dan aktif. Alhamdulillah juga BB Umar nggak pernah ada di bawah garis merah di KMS. Mungkin Umar tumbuhnya bakal ke atas, nggak ke samping. :D

Pengalaman merawat anak sendiri jadi bikin saya tambah sayang sama orang tua. Kebayang bagaimana perjuangan mereka merawat saya sampe sekarang, bahkan sampe saya punya anak pun mereka masih aja mereka bantu urus. Kasih sayang orang tua emang nggak terbatas, dan juga nggak akan terbalas.

Sehat terus ya, Umar sayang. Ummi Abi love Umar. ❤❤❤

Posted from WordPress for Android by Ina Ummu Umar

Thanks for your reply.. ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s