Bakso Tempe.. Yummy!!

Hari ini entah kenapa saya ngerasa pengen banget masak. Tapi nggak pengen bikin makanan berat. Cari-cari resep di hp, akhirnya nemu resep kece ini. Bakso Tempe, kayaknya enak gitu. Buka kulkas, buka kotak bahan makanan, alhamdulillah ada semua bahan yang dibutuhkan. Pas banget Umar lagi tidur. Langsung tempur!

Bahan bakso:
1 potong tempe ukuran besar
5 siung bawang putih, parut
1 butir telur
150 gr tepung kanji
60 gr tepung terigu
60 ml air dingin
1 bungkus kaldu bubuk (saya nggak pakai)
Gula garam merica secukupnya (optional, sesuai selera)
1 panci air + 3 sdm minyak sayur untuk air rebusan

Cara:
1. Potong tempe jadi 4, kukus sekitar 15 menit, biarkan dingin, kemudian parut (saya pakai parutan keju)
2. Tambahkan bawang putih parut dan telur, aduk rata
3. Masukkan tepung kanji, tepung terigu, gula, garam, merica, dan air, aduk hingga adonan kalis
4. Siapkan air rebusan, cetak adonan dan langsung masukkan ke air rebusan. Tunggu hingga mengammpung, kemudian angkat.
5. Sajikan dengan kuah bakso dan pelengkapnya

Kuah:
5 siung bawang putih, parut atau tumbuk kasar, kemudian tumis hingga harum dan kekuningan
500 ml kaldu ayam, didihkan, kemudian tambahkan tumisan bawang putih tadi, gula garam merica, daun bawang

Bahan pelengkap:
Kecap, saos / sambal, daun bawang seledri, bawang goreng, jeruk nipis
Bisa juga ditambah bihun, tahu, atau tetelan bila suka

Hasilnya jadi sekitar 35 bakso sedang dan 27 bakso kecil

image

Ini eksekusi lengkapnya (ˆڡˆ)
image

Selamat mencoba.. ^^

by Ina Ummu Umar

4 thoughts on “Bakso Tempe.. Yummy!!

    • Ga pake daging, Win.. Daging kurbannya udah abis, hehe.. Jadi rasanya tetep tempe.. :D
      Kalo mau pake daging juga boleh, biar lebih gurih..

      Iya pake aci, trus dibentuk bulat2 gitu pake sendok.. Ayo dicoba resepnya, Win.. Nanti kalo berhasil kasih tau aku.. :D

Thanks for your reply.. ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s