My Fusion Risoles

Sekarang kan lagi zamannya makanan fusion ya. Contohnya kayak makanan western dipadukan dengan makanan lokal gitu. Nah, saya mau coba nih bikin sesuatu yg nggak biasa. Sebetulnya sih bukan menyengajakan diri untuk bikin makanan yang aneh-aneh. Tapi isi kulkas yang memaksa saya bereksperimen. Kayak apa ya jadinya? Yuk lanjut bacanya biar nggak penasaran. 😋

Jadi tadi saya lagi lihat-lihat file resep. Trus nemu resep American Risoles. Bahan-bahannya juga gampang, cuma bikin kulitnya plus diisi daging asap, telur, mayones, dan keju. Daging asap saya nggak punya, tapi saya punya sosis. Oke, bisa diatur lah. Eh, ternyata pas saya buka kulkas, telur cuma cukup untuk adonan kulit, untuk isi nggak ada. Sosis juga tinggal 2, nggak cukup kalo misal isinya cuma mau sosis tanpa telur. Tapi, masih ada tahu putih 3 biji. Jengjeng! American risoles isi tahu & sosis? Fusion banget nggak sih?? 😝

Gimana rasanya ya? Kalo kata narasumber yang nggak mau disebut namanya (aka suami 😁) sih enak. Umar juga langsung abis 1,5 biji risoles ukuran besar. Yuk ah cuss lihat resepnya.

My Fusion Risoles

Bahan kulit:
100 gr tepung terigu
1 sdt garam
1 butir telur
250 ml susu cair
1 sdm mentega, lelehkan
Margarin secukupnya untuk olesan

Bahan isi:
2 buah sosis, potong sesuai selera
2 buah tahu ukuran sedang, potong sesuai selera
6 sdm mayones dicampur dengan sedikit susu kental manis, 100 gr keju cheddar parut, dan saos tomat (ganti saos sambal jika ingin pedas).

Bahan pelapis:
Larutan tepung & air secukupnya, dibuat agak kental.
Tepung panir secukupnya

Cara membuat kulit risoles:
1. Taruh terigu di dalam mangkuk besar.
2. Tambahkan garam, telur, aduk rata.
3. Tambahkan susu sedikit demi sedikit, aduk lagi sampai rata.
4. Tambahkan mentega leleh, aduk sampai rata, kemudiankan diamkan adonan sekitar 30 menit.
5. Olesi wajan datar dengan margarin, panaskan dengan api sedang.
6. Tuang 1 sendok sayur adonan, ratakan, tunggu 2-3 menit, angkat.
7. Ulangi sampai adonan habis. Hasilnya sekitar 13-14 lembar kulit.

Cara membuat risoles:
1. Bentangkan kulit, isi dengan potongan sosis & tahu, lalu lumuri dengan campuran mayones. Lipat seperti amplop. Lakukan hal yang sama sampai kulit risoles habis.
2. Celupkan risoles ke dalam larutan tepung & air, kemudian gulingkan di tepung panir.
3. Simpan di kulkas kira-kira 1 jam, setelah itu goreng hingga kuning keemasan.

Dan ini hasilnya:

image

Gampang kan? Yuk dicoba di rumah. Siapa tau nanti dapet ide fusion yang lebih keren. Risoles isi tempe atau teri medan misalnya. 😁

by Ina Ummu Umar

Thanks for your reply.. ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s