Alhamdulillah, Ramadhan is coming soon. Banyak persiapan yang dilakukan ya. Persiapan belanja outfit untuk hari raya; baju koko, gamis, mukena, tas, sepatu. Sampai searching menu masakan dan kue-kue hidangan di hari raya. Tak lupa persiapan ongkos pulang kampung, juga angpau untuk saudara dan kerabat.

Kalo untuk ibu rumah tangga seperti saya sih, yang urgent adalah mempersiapkan menu masakan. Biar nggak banyak makan waktu pas menyiapkan hidangan. Persiapan menu sebulan penuh; sahur, berbuka, makan malam, lengkap dengan cemilannya.

Kadang jd terpikir, di bulan selain Ramadhan kayaknya nggak segitunya deh. Tetep sih nyiapin menu, apalagi saya punya anak kecil. Dan kalo dilihat menunya, wow banget bedanya. Yang biasanya jarang bikin cemilan atau kue-kue, jadi on the menu tiap hari. Pantes aja ya, banyak yg dompetnya kempes dan badannya gembung setelah Ramadhan.

Nggak ada yg salah sih dengan persiapan itu. Tapi kalo bisa jangan berlebihan. Sekadarnya aja. Jangan sampai kesibukan ‘persiapan’ Ramadhan melalaikan kita dari mengingat salah satu didikan Ramadhan itu sendiri. Menahan diri.

Yang biasanya nggak ada, nggak perlu lah diada-adakan pas Ramadhan. Jangan sampai menahan nafsu di siang hari, tapi diumbar setelah adzan maghrib. Lebih baik lagi kalau budget yg disiapkan untuk ‘tambahan menu’ dan belanja ‘persiapan’ hari raya tadi diberikan kepada yg lebih berhak. Memberi makan orang yang berpuasa akan mendapat pahala puasa jg kan?

Dan yang paling penting, jangan lupa persiapkan ruhiyah kita. Baca lagi buku-buku tentang Ramadhan, tentang keagungannya, tentang ibadah di dalamnya. Berilmu sebelum beramal, supaya amal kita nggak sia-sia. Sayang banget kan kalo udah berlapar-lapar sebulan penuh tapi tidak memperberat timbangan amal kita di Yaumul hisab?

Have a great Ramadhan, dear friends. Semoga kita dipertemukan dengan Ramadhan tahun ini. Semoga kita dimudahkan untuk beribadah didalamnya. Dan semoga Allah Ta’ala berkenan menerima amal ibadah kita. Aamiin.

*tulisan untuk mengingatkan diri sendiri :)

View on Path

2 thoughts on “

Thanks for your reply.. ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s