Resep: Kulit Pangsit

Nyari kulit pangsit di sini susah banget deh. Udah nanya sama pedagang di pasar pada bilang nggak tau. Yowes, kita bikin sajalah. 😁

Ini resep saya dapat dari cookpad. Tapi karena saya malas ngeluarin timbangan, jadi saya modifikasi resepnya pakai ukuran sendok. Hasilnya tetep enak kok. ;)

Kulit Pangsit

Bahan-bahan:
13 sdm munjung tepung terigu protein tinggi
1 sdm munjung tepung tapioka/kanji
1 sdm minyak goreng
1/2 sdt garam
70 ml air panas

Cara:
1. Campur tepung terigu, kanji, & garam, aduk rata.
2. Masukkan minyak goreng & air panas, aduk rata hingga menggumpal.
3. Uleni hingga agak kalis.
4. Diamkan 15 menit, kemudian giling di gilingan mie dr no 1 hingga no 5 sebanyak beberapa kali hingga adonan halus & mulus. Jangan lupa taburi tepung kanji.
5. Lanjutkan dg menggiling di nomor 6, 7, 8, 9, masing-masing sebanyak 1 kali.
6. Potong segi empat, siap digunakan.

Karena gilingan mie punya saya entah kemana gagangnya (gara-gara suka dimainin ‘Umar 😥), jadi saya menggiling manual. Jangan tanya pegalnya kayak apa ya. 😂

Resep di atas bisa menghasilkan 19 pcs kulit pangsit. Itu pun sudah saya buat setipis yang saya bisa. Mungkin kalau lebih tipis & pakai gilingan mie bisa lebih banyak hasilnya.

image

Kulit pangsit yang sudah jadi bisa dibuat pangsit kuah atau goreng. Bisa juga untuk kulit siomay. Saya buat jadi pangsit kuah alhamdulillah enak, kulitnya nggak gampang sobek. Kalau ada sisa bisa dibungkus plastik atau ditaruh di kotak kedap udara, kemudian disimpan di freezer.

Ini percobaan pertama saya. Pas banget masih ada stok bakso sapi mix tempe homemade di freezer buat melengkapi.

image

Tinggal tambahin mie, lengkap deh. Mie nya homemade juga. Jadi pengen bikin. 😁

Selamat mencoba. :)

by Ina Ummu Umar

Alhamdulillah, jadi juga bikin pangsit (dari kulitnya, isinya, terus kuahnya).. Kalo baksonya udah bikin dari pas daging kurban masih ada.. 😄
Bikinnya berjam-jam, makannya gak sampe 10 menit.. 😅😂😂
Tag yg request ah, biar cepet pulang.. 😁😁
Posting resepnya ntar-ntaran aja ah, masih pegel.. 😅 – with Gama Ufiz

View on Path