Pempek Nasi

Punya nasi sisa? Jangan dibuang! Mendingan dibikin pempek nasi. Bikinnya gampang kok, bahannya juga mudah didapat.

Pempek Nasi

Bahan:
2 centong penuh nasi
2 gelas air
1 sdt bawang putih bubuk
1/2 sdt garam (sesuai selera)
4 sdm terigu
1 butir telur
1 batang daun bawang, iris halus
2 sdt udang rebon yg dihaluskan (optional)
1 sdt kaldu jamur bubuk (optional)
Merica bubuk secukupnya
Tepung tapioka secukupnya
Minyak sayur secukupnya untuk campuran air rebusan

Cara :
1. Campur nasi, air, garam, bawang putih bubuk, merica, kaldu jamur, & udang rebon halus, masak hingga air hampir menyusut.
2. Aduk terus, kecilkan api, masukkan tepung terigu, aduk rata.
3. Angkat dan tunggu agak dingin
4. Masukkan telur, aduk rata.
5. Masuk daun bawang, aduk lagi hingga tercampur rata.
6. Masukkan tepung tapioka sedikit-sedikit hingga kalis dan bisa dibentuk.
7. Bentuk sesuai selera.
8. Rebus di air hingga mendidih , tuang minyak secukup nya ke air rebusan.
9. Rebus hingga mengambang dan matang.
10. Angkat dan dinginkan.
11. Goreng dan sajikan dengan kuah cuko.

image

Karena kemarin dapat kiriman bayam banyak banget, jadi adonan pempeknya saya campur pakai bayam cincang. Biar jadi tambah sehat. Ternyata setelah direbus langsung dimakan juga enak. Apalagi dicocol saus sambal. Jadi mirip otak-otak gitu. Umar doyan banget, jadinya nggak ada foto yg setelah digoreng, udah habis duluan. 😁

by Ina Ummu Umar