Cola Chicken

Bismillah.

Beberapa waktu yang lalu saya menemukan resep unik, ayam dimasak dengan minuman cola. Penasaran banget bagaimana ya rasanya. Jadi hari ini saya putuskan untuk mencoba. Rasanya agak aneh awalnya (saya masih pakai resep asli), jadi saya coba modif sedikit. Alhamdulillah rasanya jadi lumayan enak. Malah ada yg nambah. 😅

Berikut saya tuliskan resep yang sudah dimodifikasi.

Bahan:
Dada ayam, potong sesuai selera
Secukupnya minuman cola (sekitar 500ml atau bisa disesuaikan dg kebutuhan. Merk apa saja silakan.)
1 siung bawang bombay, potong memanjang
5 siung bawang putih, cacah halus
5 sdm kecap asin
2 buah wortel, potong sesuai selera
1 buah kentang, potong sesuai selera
Secukupnya garam
Secukupnya kaldu jamur (optional)
Secukupnya cabe bubuk (optional)

Cara buat:
1. Rebus ayam dg air biasa selama 5 menit, lalu buang airnya.
2. Rebus ayam dg minuman cola hingga mendidih.
3. Masukkan bawang putih, bawang bombay, wortel & kentang.
4. Tambahkan kecap asin, garam, kaldu jamur, & cabe bubuk.
5. Koreksi rasa. Tambahkan cola jika kurang.
6. Bisa tambahkan bihun atau soun jika suka.

Sekilas terlihat seperti semur, tapi rasa jauh berbeda. Ada rasa asamnya, sedikit pedas dari cabe bubuk & gurih dari ayamnya. Enak disajikan dalam keadaan hangat, apalagi saat hujan turun. Nyaamm 🍲🍲🍲

Nasi Kebuli Magicom

Nasi Kebuli Magicom

Bahan:
5 gelas takar (cup) beras
500 gram daging sapi
2 batang kayumanis (1 batang sekitar 5 cm)
3 buah bunga lawang/pekah
7 butir cengkih
7 butir kapulaga
1 sachet bumbu kare instan
1 pak kecil santan siap pakai
Secukupnya garam
Secukupnya gula
Secukupnya lada bubuk
Secukupnya kaldu bubuk (optional)
Air sesuai takaran beras (bisa dilebihkan sedikit kalo mau nasi yg lebih empuk)
Sedikit minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
9 siung bawang merah
6 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
3 cm kunyit

Bahan Pelengkap:
Mentimun
Tomat
Telur dadar
Bawang goreng
Acar (saya skip)
Kerupuk

Langkah:
1. Cuci bersih beras.
2. Potong daging seukuran dadu, rebus hingga empuk. Sisihkan.
3. Tumis bumbu halus sampai harum. Lalu tambahkan bumbu kari, kayumanis, kapulaga, bunga lawang, dan cengkih.
4. Masukkan daging, aduk sampai bumbu menyerap.
5. Tambahkan air sesuai takaran beras (saya pakai kaldu rebusan daging).
6. Tambahkan santan, gula, garam, lada bubuk. Koreksi rasa.
7. Masukkan ke dalam beras yang sudah dicuci bersih.
8. Masak sampai matang.
9. Tambahkan bahan pelengkap.

Selamat mencoba 😊

No Bake Oreo Cheese Cake

No Bake Oreo Cheese Cake

Bahan base cake:
2 pack oreo vanila, pisahkan krim vanilanya
100gr margarin, cairkan.

Bahan filling:
250gr cream cheese
Krim vanila oreo yang sudah dipisahkan
200gr whipped cream

Bahan topping:
Oreo yang telah dihaluskan

Cara buat base cake:
1. Hancurkan oreo hingga remah halus, bisa pakai food processor atau ulekan (sesuaikan alat yang ada). Sisihkan sedikit untuk taburan.
2. Tambahkan margarin cair, aduk rata.
3. Tuang ke dalam loyang lalu padatkan dengan ditekan-tekan. Lebih praktis pakai loyang bongkar pasang kalau ada.
4. Dinginkan di kulkas.

Cara buat filling:
1. Kocok cepat whipped cream dengan whisk 3-4 menit sampai kaku. Bisa juga dikocok dengan mixer.
2. Aduk rata cream cheese (suhu ruang) dengan krim vanila oreo.
3. Masukan adonan cream cheese ke dalam adonan whipped cream, aduk rata.
4. Tuang & ratakan adonan filling ke dalam loyang yang sudah diisi base cake.
5. Taburi topping remah oreo
6. Dinginkan di freezer minimal 2 jam hingga set.

Selamat mencoba.. 😊

Abon Ikan Dori

Umar doyan banget makan abon. Tapi kalo beli yang kemasan terus jadi ngerasa gimanaa gitu. Alhamdulillah nemu resep abon ikan yang simple di fb. Pas banget baru beli fillet ikan dori. Jadi cuss eksekusi.

Bahan:
– Fillet ikan dori (pakai ikan lain juga bisa)
– Bumbu halus putih (saya selalu nyetok bumbu halus putih di kulkas biar gampang kalo masak. Kalo nggak ada bumbu halus putih bisa haluskan garam, bawang putih, & ketumbar.)
– Garam, gula, cabe bubuk, kaldu jamur (semua secukupnya, sesuai selera saja.)
– Sedikit minyak goreng

Cara buat:
1. Kukus ikan, kemudian suwir dagingnya.
2. Sangrai bumbu halus dengan sedikit minyak sampai harum.
3. Masukkan suwiran ikan ke bumbu halus yang tadi disangrai.
4. Tambahkan garam, gula, cabe bubuk, & kaldu jamur. Jangan lupa tes rasa.
5. Aduk-aduk sampai kering.

image

Saya pakai fillet ikan dori sekitar 300 gram, jadinya cuma segini. Tangan juga pegal harus mengaduk ikan sampai kering. Tapi lihat Umar makannya lahap, semua terbayar sudah. Lunas, nas! 😄

Spoiler alert:
Abon ini sangat TIDAK AWET, tidak bisa disimpan lama-lama. Soalnya cemil-able banget. Nggak terasa tau-tau habis. 😅😂

Tokkebi (Hotdog Kentang)

Wiken gini di rumah aja? Asiknya ditemani cemilan tuh. Bikin yang lezat & mudah yuk, kayak hotdog kentang ini. Kriuk kentang berpadu dengan lembutnya sosis. Apalagi ditambah saus sambal & mayonais yang yummy. Hmm, betah deh berlama-lama di rumah. ;)

Tokkebi (Hotdog Kentang)
By: Diah Didi
Recooked & modified by @rina_nf

Bahan:
Sosis sapi atau ayam 10 buah
Tusuk sate 10 buah
Kentang beku 300 gr

Adonan:
Terigu 100gr
Maizena 3 sdm
Telur 1
Garam secukupnya
Lada bubuk secukupnya
Susu cair secukupnya (sekitar 100ml)

Cara Membuat:
1. Rebus sosis sebentar kemudian tiriskan. Tusuk sosis dengan tusuk sate.
2. Potong kentang kotak-kotak kecil.
3. Campur semua bahan adonan kecuali susu. Aduk sampai benar-benar rata.
4. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sampai adonan kental. Jangan sampai terlalu encer.
5. Balur sosis dengan adonan.
6. Tempelkan potongan kentang. Kepal-kepal agar merekat kencang.
7. Goreng dalam minyak panas dan banyak sampai seluruh hot dog terendam.
8. Angkat, tiriskan.
9. Sajikan dengan siraman saos dan mayonais jika suka.

image

Selamat mencoba.. ^^

Simple Recipe: Pizza Teflon

Sekarang zamannya produk KW ya. Sampai pizza pun ada KWnya. 😅
Abisnya apa daya, mau pesen PH eh sayangnya di Dumai belum ada cabang PH. Jadi KW pun oke lah. 😆

Pizza Teflon

Bahan-bahan:
10 sdm tepung terigu protein tinggi (tapi kalau tidak ada pakai protein sedang juga bisa)
Sejumput garam
1 sdt Ragi Instan
80 ml susu cair hangat (air hangat saja juga bisa)
1 sdm minyak sayur

Topping:
Sesuai selera atau sesuai isi kulkas seperti saya. 😁
1/2 siung bawang bombay, cincang.
Jamur tiram secukupnya, potong suwir-suwir, tumis sebentar dengan bawang bombay cincang.
1 buah tomat, cincang kasar
Saus bolognese secukupnya
Keju mozzarella atau quick melt (kalau saya pakai cream cheese KW abal-abal 😅)
Oregano bubuk secukupnya
Saus cabai atau tomat untuk cocolan (optional)

Cara Membuat:
1. Siapkan wadah, campurkan ragi dengan susu cair hangat. Tunggu kira-kira 10 menit sampai ragi berbusa.
2. Tambahkan terigu dan garam, uleni hingga tercampur rata.
3. Masukkan minyak sayur, uleni adonan hingga kalis.
4. Tutup adonan dengan plastik & diamkan sekitar setengah jam.
5. Setelah mengembang, ratakan adonan di teflon. Tusuk-tusuk permukaan dengan garpu.
6. Olesi adonan dengan saus bolognese.
7. Taburi tumisan jamur & tomat.
8. Taburi keju atau cream cheese.
9. Taburi oregano bubuk
10. Tutup teflon, masak dengan api sangat kecil sekitar 15-20 menit.

Pizza siap dinikmati. 😋

image

Selamat mencoba. ;)

by Ina Ummu Umar

Resep: Kulit Pangsit

Nyari kulit pangsit di sini susah banget deh. Udah nanya sama pedagang di pasar pada bilang nggak tau. Yowes, kita bikin sajalah. 😁

Ini resep saya dapat dari cookpad. Tapi karena saya malas ngeluarin timbangan, jadi saya modifikasi resepnya pakai ukuran sendok. Hasilnya tetep enak kok. ;)

Kulit Pangsit

Bahan-bahan:
13 sdm munjung tepung terigu protein tinggi
1 sdm munjung tepung tapioka/kanji
1 sdm minyak goreng
1/2 sdt garam
70 ml air panas

Cara:
1. Campur tepung terigu, kanji, & garam, aduk rata.
2. Masukkan minyak goreng & air panas, aduk rata hingga menggumpal.
3. Uleni hingga agak kalis.
4. Diamkan 15 menit, kemudian giling di gilingan mie dr no 1 hingga no 5 sebanyak beberapa kali hingga adonan halus & mulus. Jangan lupa taburi tepung kanji.
5. Lanjutkan dg menggiling di nomor 6, 7, 8, 9, masing-masing sebanyak 1 kali.
6. Potong segi empat, siap digunakan.

Karena gilingan mie punya saya entah kemana gagangnya (gara-gara suka dimainin ‘Umar 😥), jadi saya menggiling manual. Jangan tanya pegalnya kayak apa ya. 😂

Resep di atas bisa menghasilkan 19 pcs kulit pangsit. Itu pun sudah saya buat setipis yang saya bisa. Mungkin kalau lebih tipis & pakai gilingan mie bisa lebih banyak hasilnya.

image

Kulit pangsit yang sudah jadi bisa dibuat pangsit kuah atau goreng. Bisa juga untuk kulit siomay. Saya buat jadi pangsit kuah alhamdulillah enak, kulitnya nggak gampang sobek. Kalau ada sisa bisa dibungkus plastik atau ditaruh di kotak kedap udara, kemudian disimpan di freezer.

Ini percobaan pertama saya. Pas banget masih ada stok bakso sapi mix tempe homemade di freezer buat melengkapi.

image

Tinggal tambahin mie, lengkap deh. Mie nya homemade juga. Jadi pengen bikin. 😁

Selamat mencoba. :)

by Ina Ummu Umar

My Fusion Risoles

Sekarang kan lagi zamannya makanan fusion ya. Contohnya kayak makanan western dipadukan dengan makanan lokal gitu. Nah, saya mau coba nih bikin sesuatu yg nggak biasa. Sebetulnya sih bukan menyengajakan diri untuk bikin makanan yang aneh-aneh. Tapi isi kulkas yang memaksa saya bereksperimen. Kayak apa ya jadinya? Yuk lanjut bacanya biar nggak penasaran. 😋

Jadi tadi saya lagi lihat-lihat file resep. Trus nemu resep American Risoles. Bahan-bahannya juga gampang, cuma bikin kulitnya plus diisi daging asap, telur, mayones, dan keju. Daging asap saya nggak punya, tapi saya punya sosis. Oke, bisa diatur lah. Eh, ternyata pas saya buka kulkas, telur cuma cukup untuk adonan kulit, untuk isi nggak ada. Sosis juga tinggal 2, nggak cukup kalo misal isinya cuma mau sosis tanpa telur. Tapi, masih ada tahu putih 3 biji. Jengjeng! American risoles isi tahu & sosis? Fusion banget nggak sih?? 😝

Gimana rasanya ya? Kalo kata narasumber yang nggak mau disebut namanya (aka suami 😁) sih enak. Umar juga langsung abis 1,5 biji risoles ukuran besar. Yuk ah cuss lihat resepnya.

My Fusion Risoles

Bahan kulit:
100 gr tepung terigu
1 sdt garam
1 butir telur
250 ml susu cair
1 sdm mentega, lelehkan
Margarin secukupnya untuk olesan

Bahan isi:
2 buah sosis, potong sesuai selera
2 buah tahu ukuran sedang, potong sesuai selera
6 sdm mayones dicampur dengan sedikit susu kental manis, 100 gr keju cheddar parut, dan saos tomat (ganti saos sambal jika ingin pedas).

Bahan pelapis:
Larutan tepung & air secukupnya, dibuat agak kental.
Tepung panir secukupnya

Cara membuat kulit risoles:
1. Taruh terigu di dalam mangkuk besar.
2. Tambahkan garam, telur, aduk rata.
3. Tambahkan susu sedikit demi sedikit, aduk lagi sampai rata.
4. Tambahkan mentega leleh, aduk sampai rata, kemudiankan diamkan adonan sekitar 30 menit.
5. Olesi wajan datar dengan margarin, panaskan dengan api sedang.
6. Tuang 1 sendok sayur adonan, ratakan, tunggu 2-3 menit, angkat.
7. Ulangi sampai adonan habis. Hasilnya sekitar 13-14 lembar kulit.

Cara membuat risoles:
1. Bentangkan kulit, isi dengan potongan sosis & tahu, lalu lumuri dengan campuran mayones. Lipat seperti amplop. Lakukan hal yang sama sampai kulit risoles habis.
2. Celupkan risoles ke dalam larutan tepung & air, kemudian gulingkan di tepung panir.
3. Simpan di kulkas kira-kira 1 jam, setelah itu goreng hingga kuning keemasan.

Dan ini hasilnya:

image

Gampang kan? Yuk dicoba di rumah. Siapa tau nanti dapet ide fusion yang lebih keren. Risoles isi tempe atau teri medan misalnya. 😁

by Ina Ummu Umar

Tteokbokki Ala Om Chef 😎

Bikinnya udah dari kapan tau, tapi baru sempet ditulis resepnya. Maaf ya buat teman-teman yang udah minta resep. Baru sempat mood nulis lagi nih. 😂

Tteokbokki ini yang bikin Omnya Umar sih sebenernya, tapi sumber resepnya dari saya. Jadi bisa dibilang hasil karya 50-50 lah. 😎 😆

Resep aslinya saya dapet dari blog seseorang, nemu di gugel pas lagi iseng cari-cari resep. Tapi pas dicoba agak kurang pas sama selera, jadi dimodif lumayan banyak. Kalo dirasa resep saya ini kurang pas juga sama selera teman-teman, silakan disesuaikan aja ya. :)

Resep Tteokbokki Ala Om Chef

Resep Tteok (kue beras)
Bahan:
– 200 gr tepung beras biasa (bukan beras ketan)
– 500ml air (ini bukan takaran baku ya karena yang dipakai nanti secukupnya aja, saya nggak ngitung tepatnya berapa)
– 2 sdm minyak wijen (kalo nggak ada bisa diganti
minyak sayur biasa)

Cara buat:
1. Siapkan tepung beras di wadah yang cukup besar.
2. Panaskan air hingga mendidih.
3. Campurkan air mendidih sedikit demi sedikit dengan tepung beras di wadah yang sudah disiapkan, aduk hingga tercampur rata. Hentikan pemberian air saat dirasa adonan sudah hampir kalis.
4. Tambahkan minyak wijen, uleni adonan hingga kalis.
5. Bentuk adonan bulat memanjang. Kalau masih terlihat kurang licin bisa oleskan lagi minyak wijen sambil terus dibentuk bulat memanjang.
6. Kukus tteok hingga matang.

Resep Tteokbokki (Kue Beras Pedas)
Bahan:
– Tteokk yang sudah dipotong-potong sesuai selera (kalau saya sekitar 3 cm)
– Air secukupnya (dikira-kira aja sesuai banyaknya tteok yang mau dimasak)
– 2 lembar nori (rumput laut) ukuran kecil
– 1 siung bawang bombay, cincang halus
– 2 siung bawang putih, cincang halus
– 3 siung bawang merah, cincang halus
– 2 batang daun bawang, iris serong
– saus tomat sesuai selera (karena saya nggak punya gochujang atau pasta cabe ala korea, saya pake saus tomat buat dapetin warna merahnya)
– saus cabe atau bubuk cabe secukupnya (buat rasa pedasnya, sesuaikan dengan selera masing-masing)
– gula, garam, merica, kaldu bubuk secukupnya

Pelengkap (sesuai selera):
Telur rebus
Mie (bisa pakai mie telor)
Kue ikan (kalau di sini otak-otak ikan kali ya)
Keju parut
Biji wijen

Cara buat:
1. Tumis trio bawang sebentar aja, sisihkan.
2. Rebus air sampai mendidih.
3. Masukkan nori, rebus sampai aroma rumput lautnya keluar semua tapi jangan sampai rumput lautnya hancur di rebusannya, terus buang rumput lautnya.
4. Tambahkan saus tomat, saus cabe, dan bubuk cabe
5. Masukkan trio bawang yang sudah ditumis.
6. Tambahkan garam, gula, kaldu bubuk, merica. Cicipi hingga dapat rasa yang diinginkan.
7. Masukkan tteok, aduk rata.
8. Masukkan daun bawang, aduk sebentar, matikan api.
9. Sajikan tteok dengan pelengkapnya (kalau mau ditambah mie, jangan masukkan mie langsung ke tempat tteokbokki, tapi mienya ditaruh di mangkok dulu baru disiram tteokbokki)

Taraaaa, ini hasil akhirnya.

image

Mirip kayak yang asli kan?? 😜
Selamat mencoba ya. ^^

by Ina Ummu Umar

Pempek Dos Maknyoss!

Beberapa hari terakhir ini Bekasi hujan terus. Dinginnya nyaingin Puncak. Kalo dingin kan enaknya ngemil ya? Ubek-ubek arsip resep, nemu deh resep pempek. Ini resep pempek dos, jadi nggak pake adonan ikan. Tapi biar enak saya tambahin ebi. Biasa lah, modifikasi. Hihi. Dan hasilnya, begitu selesai digoreng langsung ludes. Terbayar sudah pegalnya ngulenin adonan sampai kalis. :D

Ini resep hasil modifikasi saya.

Pempek Dos (Tanpa Ikan)
Bahan pempek:
400 gr tepung sagu
200 gr tepung terigu
4 siung bawang putih, haluskan (bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera)
2 gelas belimbing air mendidih
1 bungkus kecil ebi, haluskan
1 butir telur
Garam & merica secukupnya
Penyedap bila suka

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu & air mendidih.
2. Masukkan bawang putih yang sudah di haluskan, garam, merica, ebi, & penyedap, aduk rata.
3. Masukkan tepung sagu dan telur, aduk pakai tangan sampai adonan kalis.
4. Bentuk adonan sesuai keinginan. Bila suka bisa diisi telur di tengah adonan.
5. Siapkan air untuk merebus, rebus pempek sampai mengapung lalu angkat, tiriskan dan goreng sampai matang.

Bahan cuko:
250ml air
1 buah gula merah ukuran sedang
2 sdm kecap manis
Garam secukupnya
3 siung bawang putih dihaluskan
6 buah cabe rawit merah dihaluskan (sesuai selera)
2 sdm cuka
Caranya, masak semua bahan hingga didapat rasa yang pas sesuai selera.

Bahan pelengkap:
Timun, potong kecil-kecil
Mie kuning

Voila, ini penampakannya.

image

Mau??
Coba bikin aja. Dijamin, rasanya bakal lebih enak. :D

by Ina Ummu Umar