Tokkebi (Hotdog Kentang)

Wiken gini di rumah aja? Asiknya ditemani cemilan tuh. Bikin yang lezat & mudah yuk, kayak hotdog kentang ini. Kriuk kentang berpadu dengan lembutnya sosis. Apalagi ditambah saus sambal & mayonais yang yummy. Hmm, betah deh berlama-lama di rumah. ;)

Tokkebi (Hotdog Kentang)
By: Diah Didi
Recooked & modified by @rina_nf

Bahan:
Sosis sapi atau ayam 10 buah
Tusuk sate 10 buah
Kentang beku 300 gr

Adonan:
Terigu 100gr
Maizena 3 sdm
Telur 1
Garam secukupnya
Lada bubuk secukupnya
Susu cair secukupnya (sekitar 100ml)

Cara Membuat:
1. Rebus sosis sebentar kemudian tiriskan. Tusuk sosis dengan tusuk sate.
2. Potong kentang kotak-kotak kecil.
3. Campur semua bahan adonan kecuali susu. Aduk sampai benar-benar rata.
4. Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sampai adonan kental. Jangan sampai terlalu encer.
5. Balur sosis dengan adonan.
6. Tempelkan potongan kentang. Kepal-kepal agar merekat kencang.
7. Goreng dalam minyak panas dan banyak sampai seluruh hot dog terendam.
8. Angkat, tiriskan.
9. Sajikan dengan siraman saos dan mayonais jika suka.

image

Selamat mencoba.. ^^

Pempek Nasi

Punya nasi sisa? Jangan dibuang! Mendingan dibikin pempek nasi. Bikinnya gampang kok, bahannya juga mudah didapat.

Pempek Nasi

Bahan:
2 centong penuh nasi
2 gelas air
1 sdt bawang putih bubuk
1/2 sdt garam (sesuai selera)
4 sdm terigu
1 butir telur
1 batang daun bawang, iris halus
2 sdt udang rebon yg dihaluskan (optional)
1 sdt kaldu jamur bubuk (optional)
Merica bubuk secukupnya
Tepung tapioka secukupnya
Minyak sayur secukupnya untuk campuran air rebusan

Cara :
1. Campur nasi, air, garam, bawang putih bubuk, merica, kaldu jamur, & udang rebon halus, masak hingga air hampir menyusut.
2. Aduk terus, kecilkan api, masukkan tepung terigu, aduk rata.
3. Angkat dan tunggu agak dingin
4. Masukkan telur, aduk rata.
5. Masuk daun bawang, aduk lagi hingga tercampur rata.
6. Masukkan tepung tapioka sedikit-sedikit hingga kalis dan bisa dibentuk.
7. Bentuk sesuai selera.
8. Rebus di air hingga mendidih , tuang minyak secukup nya ke air rebusan.
9. Rebus hingga mengambang dan matang.
10. Angkat dan dinginkan.
11. Goreng dan sajikan dengan kuah cuko.

image

Karena kemarin dapat kiriman bayam banyak banget, jadi adonan pempeknya saya campur pakai bayam cincang. Biar jadi tambah sehat. Ternyata setelah direbus langsung dimakan juga enak. Apalagi dicocol saus sambal. Jadi mirip otak-otak gitu. Umar doyan banget, jadinya nggak ada foto yg setelah digoreng, udah habis duluan. 😁

by Ina Ummu Umar

My Fusion Risoles

Sekarang kan lagi zamannya makanan fusion ya. Contohnya kayak makanan western dipadukan dengan makanan lokal gitu. Nah, saya mau coba nih bikin sesuatu yg nggak biasa. Sebetulnya sih bukan menyengajakan diri untuk bikin makanan yang aneh-aneh. Tapi isi kulkas yang memaksa saya bereksperimen. Kayak apa ya jadinya? Yuk lanjut bacanya biar nggak penasaran. 😋

Jadi tadi saya lagi lihat-lihat file resep. Trus nemu resep American Risoles. Bahan-bahannya juga gampang, cuma bikin kulitnya plus diisi daging asap, telur, mayones, dan keju. Daging asap saya nggak punya, tapi saya punya sosis. Oke, bisa diatur lah. Eh, ternyata pas saya buka kulkas, telur cuma cukup untuk adonan kulit, untuk isi nggak ada. Sosis juga tinggal 2, nggak cukup kalo misal isinya cuma mau sosis tanpa telur. Tapi, masih ada tahu putih 3 biji. Jengjeng! American risoles isi tahu & sosis? Fusion banget nggak sih?? 😝

Gimana rasanya ya? Kalo kata narasumber yang nggak mau disebut namanya (aka suami 😁) sih enak. Umar juga langsung abis 1,5 biji risoles ukuran besar. Yuk ah cuss lihat resepnya.

My Fusion Risoles

Bahan kulit:
100 gr tepung terigu
1 sdt garam
1 butir telur
250 ml susu cair
1 sdm mentega, lelehkan
Margarin secukupnya untuk olesan

Bahan isi:
2 buah sosis, potong sesuai selera
2 buah tahu ukuran sedang, potong sesuai selera
6 sdm mayones dicampur dengan sedikit susu kental manis, 100 gr keju cheddar parut, dan saos tomat (ganti saos sambal jika ingin pedas).

Bahan pelapis:
Larutan tepung & air secukupnya, dibuat agak kental.
Tepung panir secukupnya

Cara membuat kulit risoles:
1. Taruh terigu di dalam mangkuk besar.
2. Tambahkan garam, telur, aduk rata.
3. Tambahkan susu sedikit demi sedikit, aduk lagi sampai rata.
4. Tambahkan mentega leleh, aduk sampai rata, kemudiankan diamkan adonan sekitar 30 menit.
5. Olesi wajan datar dengan margarin, panaskan dengan api sedang.
6. Tuang 1 sendok sayur adonan, ratakan, tunggu 2-3 menit, angkat.
7. Ulangi sampai adonan habis. Hasilnya sekitar 13-14 lembar kulit.

Cara membuat risoles:
1. Bentangkan kulit, isi dengan potongan sosis & tahu, lalu lumuri dengan campuran mayones. Lipat seperti amplop. Lakukan hal yang sama sampai kulit risoles habis.
2. Celupkan risoles ke dalam larutan tepung & air, kemudian gulingkan di tepung panir.
3. Simpan di kulkas kira-kira 1 jam, setelah itu goreng hingga kuning keemasan.

Dan ini hasilnya:

image

Gampang kan? Yuk dicoba di rumah. Siapa tau nanti dapet ide fusion yang lebih keren. Risoles isi tempe atau teri medan misalnya. 😁

by Ina Ummu Umar

Pempek Dos Maknyoss!

Beberapa hari terakhir ini Bekasi hujan terus. Dinginnya nyaingin Puncak. Kalo dingin kan enaknya ngemil ya? Ubek-ubek arsip resep, nemu deh resep pempek. Ini resep pempek dos, jadi nggak pake adonan ikan. Tapi biar enak saya tambahin ebi. Biasa lah, modifikasi. Hihi. Dan hasilnya, begitu selesai digoreng langsung ludes. Terbayar sudah pegalnya ngulenin adonan sampai kalis. :D

Ini resep hasil modifikasi saya.

Pempek Dos (Tanpa Ikan)
Bahan pempek:
400 gr tepung sagu
200 gr tepung terigu
4 siung bawang putih, haluskan (bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera)
2 gelas belimbing air mendidih
1 bungkus kecil ebi, haluskan
1 butir telur
Garam & merica secukupnya
Penyedap bila suka

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu & air mendidih.
2. Masukkan bawang putih yang sudah di haluskan, garam, merica, ebi, & penyedap, aduk rata.
3. Masukkan tepung sagu dan telur, aduk pakai tangan sampai adonan kalis.
4. Bentuk adonan sesuai keinginan. Bila suka bisa diisi telur di tengah adonan.
5. Siapkan air untuk merebus, rebus pempek sampai mengapung lalu angkat, tiriskan dan goreng sampai matang.

Bahan cuko:
250ml air
1 buah gula merah ukuran sedang
2 sdm kecap manis
Garam secukupnya
3 siung bawang putih dihaluskan
6 buah cabe rawit merah dihaluskan (sesuai selera)
2 sdm cuka
Caranya, masak semua bahan hingga didapat rasa yang pas sesuai selera.

Bahan pelengkap:
Timun, potong kecil-kecil
Mie kuning

Voila, ini penampakannya.

image

Mau??
Coba bikin aja. Dijamin, rasanya bakal lebih enak. :D

by Ina Ummu Umar

Roti Maryam Nyam Nyamm

Beberapa hari yang lalu saya nemu resep roti maryam di FB. Pernah denger sih roti maryam, tapi belum pernah nyoba. Penasaran juga, kayak gimana ya rasanya. Pas dilihat bahan dan cara buatnya ternyata cukup simple. Coba buat ah. 😁

Ini resep dari grup ARKME di FB ya. Tapi saya cuma bikin setengah resep. Biasa, takut gagal, hehe. Saya tulis resep aslinya ya.

Roti Maryam
Bahan:
500gr terigu cakra
1 sdt garam
2 sdm gula
60gr margarine
2 btr telur
3 sdm susu bubuk

Cara buat:
1. Campur semua bahan, uleni hingga kalis (kalau saya tambah ditambah sedikit air, terlalu kering soalnya).
2. Diamkan 20 menit.
3. Bagi adonan masing-masing kurang lebih 80 gr, bulatkan.
4. Rendam adonan yang sudah dibulatkan tadi dalam minyak goreng selama 30 menit.
5. Tipiskan adonan seperti kulit martabak, lebarkan, oles dengan mentega, gulung kecil memanjang, gulung melingkar, tipiskan kembali.
6. Panaskan teflon dengan sedikit mentega, panggang sesuai selera (kalau suka yang garing bisa dipanggang agak lama).
7. Topping sesuai selera, bisa manis, asin, atau gurih (karena di rumah ada bumbu kari jadi saya cocol kari aja).
Supaya lebih mudah bisa lihat gambar step by step ini:

image

Ini penampakan hasilnya:

image

Selamat mencoba. ^^

by Ina Ummu Umar

Veggie Dumplings

Sebetulnya saya merasa nggak enak, suka posting foto makanan tapi nggak bisa bagi-bagi makanannya. Jadi sebagai gantinya, saya bagi resepnya aja ya. Biar bisa praktek di rumah plus berkreasi sendiri, siapa tau malah jadi lebih enak. ^^

Kali ini cemilan yang saya bikin adalah dumplings. Beberapa hari lalu nemu resepnya di grup fb Aneka Resep Kue & Masakan Enak. Karena gampang jadi saya coba aja. Tapi seperti biasa, hobi saya adalah ngutak-ngatik resep, menyesuaikan bahan yang ada di kulkas. Alhamdulillah Umar dan Abinya doyan, bahkan nagih, hehe. Ini saya tulis resep hasil modifikasi saya ya.

Veggie Dumplings
Bahan kulit:
300 gr terigu
175 ml air matang
Sedikit garam

Bahan isian:
1 buah wortel ukuran sedang, parut
4 lembar jamur tiram ukuran sedang, cincang halus
3 buah bakso ayam, potong kecil-kecil
2 batang daun bawang, cincang halus
2 sdt udang rebon yang telah dihaluskan
Garam secukupnya
Kaldu non msg secukupnya
Bawang putih bubuk secukupnya
Lada bubuk secukupnya

Cara:
1. Campur bahan kulit, uleni hingga kalis. Bagi adonan masing-masing sekitar 20gr, pipihkan. Alas jangan lupa ditaburi terigu supaya tidak lengket.
2. Campur bahan isian.
3. Isi adonan kulit dengan bahan isian, dibentuk sesuai selera (kalau saya dibentuk setengah lingkaran)
4. Kukus selama 10 – 15 menit
5. Sajikan dengan saus atau mayones.

image

Gampang kan? Selamat mencoba. ^^

by Ina Ummu Umar

Tahu Keju Crispy

Tiba-tiba pengen ngemil lagi (ngemil mulu! :p). Pas banget ada resep yang simple banget di buku resep hadiah dari beli double pan. Bahan-bahannya juga ada di kulkas. Jadi, yuk kita eksekusi. :D

Bahan:
20 lembar kulit lumpia
150 gr tahu putih (saya pakai 2 buah tahu yg kecil), haluskan
1 buah wortel, potong korek api (karena malas jadi saya parut aja :D)
2 batang daun bawang, potong-potong
1 butir telur, pisahkan putihnya sedikit untuk mengelem kulit lumpia nanti, kocok lepas
90 gr keju quick melt, potong korek api (saya adanya keju cheddar biasa, lanjut aja)
Garam secukupnya
Merica secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
1. Masukkan daun bawang, wortel, kocokan telur, garam, dan merica ke tahu yang sudah dihaluskan. Aduk hingga rata.
2. Ambil selembar kulit lumpia lalu masukkan adonan isi.
3. Masukkan keju
4. Lipat kulit lumpia membentuk segitiga, oleskan putih telur untuk merekatkan pinggirannya.
5. Panaskan minyak, goreng hingga matang sempurna.

Hasilnya
image

Gampang kan? Paling makan waktu 15 – 20 menit aja buat bikin ini. Tapi karena saya bikinnya sambil gendong Umar, satu jam baru jadi. :D

Selamat mencoba. ^^

by Ina Ummu Umar