Abon Ikan Dori

Umar doyan banget makan abon. Tapi kalo beli yang kemasan terus jadi ngerasa gimanaa gitu. Alhamdulillah nemu resep abon ikan yang simple di fb. Pas banget baru beli fillet ikan dori. Jadi cuss eksekusi.

Bahan:
– Fillet ikan dori (pakai ikan lain juga bisa)
– Bumbu halus putih (saya selalu nyetok bumbu halus putih di kulkas biar gampang kalo masak. Kalo nggak ada bumbu halus putih bisa haluskan garam, bawang putih, & ketumbar.)
– Garam, gula, cabe bubuk, kaldu jamur (semua secukupnya, sesuai selera saja.)
– Sedikit minyak goreng

Cara buat:
1. Kukus ikan, kemudian suwir dagingnya.
2. Sangrai bumbu halus dengan sedikit minyak sampai harum.
3. Masukkan suwiran ikan ke bumbu halus yang tadi disangrai.
4. Tambahkan garam, gula, cabe bubuk, & kaldu jamur. Jangan lupa tes rasa.
5. Aduk-aduk sampai kering.

image

Saya pakai fillet ikan dori sekitar 300 gram, jadinya cuma segini. Tangan juga pegal harus mengaduk ikan sampai kering. Tapi lihat Umar makannya lahap, semua terbayar sudah. Lunas, nas! 😄

Spoiler alert:
Abon ini sangat TIDAK AWET, tidak bisa disimpan lama-lama. Soalnya cemil-able banget. Nggak terasa tau-tau habis. 😅😂

Pempek Nasi

Punya nasi sisa? Jangan dibuang! Mendingan dibikin pempek nasi. Bikinnya gampang kok, bahannya juga mudah didapat.

Pempek Nasi

Bahan:
2 centong penuh nasi
2 gelas air
1 sdt bawang putih bubuk
1/2 sdt garam (sesuai selera)
4 sdm terigu
1 butir telur
1 batang daun bawang, iris halus
2 sdt udang rebon yg dihaluskan (optional)
1 sdt kaldu jamur bubuk (optional)
Merica bubuk secukupnya
Tepung tapioka secukupnya
Minyak sayur secukupnya untuk campuran air rebusan

Cara :
1. Campur nasi, air, garam, bawang putih bubuk, merica, kaldu jamur, & udang rebon halus, masak hingga air hampir menyusut.
2. Aduk terus, kecilkan api, masukkan tepung terigu, aduk rata.
3. Angkat dan tunggu agak dingin
4. Masukkan telur, aduk rata.
5. Masuk daun bawang, aduk lagi hingga tercampur rata.
6. Masukkan tepung tapioka sedikit-sedikit hingga kalis dan bisa dibentuk.
7. Bentuk sesuai selera.
8. Rebus di air hingga mendidih , tuang minyak secukup nya ke air rebusan.
9. Rebus hingga mengambang dan matang.
10. Angkat dan dinginkan.
11. Goreng dan sajikan dengan kuah cuko.

image

Karena kemarin dapat kiriman bayam banyak banget, jadi adonan pempeknya saya campur pakai bayam cincang. Biar jadi tambah sehat. Ternyata setelah direbus langsung dimakan juga enak. Apalagi dicocol saus sambal. Jadi mirip otak-otak gitu. Umar doyan banget, jadinya nggak ada foto yg setelah digoreng, udah habis duluan. 😁

by Ina Ummu Umar

Resep: Kulit Pangsit

Nyari kulit pangsit di sini susah banget deh. Udah nanya sama pedagang di pasar pada bilang nggak tau. Yowes, kita bikin sajalah. 😁

Ini resep saya dapat dari cookpad. Tapi karena saya malas ngeluarin timbangan, jadi saya modifikasi resepnya pakai ukuran sendok. Hasilnya tetep enak kok. ;)

Kulit Pangsit

Bahan-bahan:
13 sdm munjung tepung terigu protein tinggi
1 sdm munjung tepung tapioka/kanji
1 sdm minyak goreng
1/2 sdt garam
70 ml air panas

Cara:
1. Campur tepung terigu, kanji, & garam, aduk rata.
2. Masukkan minyak goreng & air panas, aduk rata hingga menggumpal.
3. Uleni hingga agak kalis.
4. Diamkan 15 menit, kemudian giling di gilingan mie dr no 1 hingga no 5 sebanyak beberapa kali hingga adonan halus & mulus. Jangan lupa taburi tepung kanji.
5. Lanjutkan dg menggiling di nomor 6, 7, 8, 9, masing-masing sebanyak 1 kali.
6. Potong segi empat, siap digunakan.

Karena gilingan mie punya saya entah kemana gagangnya (gara-gara suka dimainin ‘Umar 😥), jadi saya menggiling manual. Jangan tanya pegalnya kayak apa ya. 😂

Resep di atas bisa menghasilkan 19 pcs kulit pangsit. Itu pun sudah saya buat setipis yang saya bisa. Mungkin kalau lebih tipis & pakai gilingan mie bisa lebih banyak hasilnya.

image

Kulit pangsit yang sudah jadi bisa dibuat pangsit kuah atau goreng. Bisa juga untuk kulit siomay. Saya buat jadi pangsit kuah alhamdulillah enak, kulitnya nggak gampang sobek. Kalau ada sisa bisa dibungkus plastik atau ditaruh di kotak kedap udara, kemudian disimpan di freezer.

Ini percobaan pertama saya. Pas banget masih ada stok bakso sapi mix tempe homemade di freezer buat melengkapi.

image

Tinggal tambahin mie, lengkap deh. Mie nya homemade juga. Jadi pengen bikin. 😁

Selamat mencoba. :)

by Ina Ummu Umar