Resep: Kulit Pangsit

Nyari kulit pangsit di sini susah banget deh. Udah nanya sama pedagang di pasar pada bilang nggak tau. Yowes, kita bikin sajalah. 😁

Ini resep saya dapat dari cookpad. Tapi karena saya malas ngeluarin timbangan, jadi saya modifikasi resepnya pakai ukuran sendok. Hasilnya tetep enak kok. ;)

Kulit Pangsit

Bahan-bahan:
13 sdm munjung tepung terigu protein tinggi
1 sdm munjung tepung tapioka/kanji
1 sdm minyak goreng
1/2 sdt garam
70 ml air panas

Cara:
1. Campur tepung terigu, kanji, & garam, aduk rata.
2. Masukkan minyak goreng & air panas, aduk rata hingga menggumpal.
3. Uleni hingga agak kalis.
4. Diamkan 15 menit, kemudian giling di gilingan mie dr no 1 hingga no 5 sebanyak beberapa kali hingga adonan halus & mulus. Jangan lupa taburi tepung kanji.
5. Lanjutkan dg menggiling di nomor 6, 7, 8, 9, masing-masing sebanyak 1 kali.
6. Potong segi empat, siap digunakan.

Karena gilingan mie punya saya entah kemana gagangnya (gara-gara suka dimainin ‘Umar 😥), jadi saya menggiling manual. Jangan tanya pegalnya kayak apa ya. 😂

Resep di atas bisa menghasilkan 19 pcs kulit pangsit. Itu pun sudah saya buat setipis yang saya bisa. Mungkin kalau lebih tipis & pakai gilingan mie bisa lebih banyak hasilnya.

image

Kulit pangsit yang sudah jadi bisa dibuat pangsit kuah atau goreng. Bisa juga untuk kulit siomay. Saya buat jadi pangsit kuah alhamdulillah enak, kulitnya nggak gampang sobek. Kalau ada sisa bisa dibungkus plastik atau ditaruh di kotak kedap udara, kemudian disimpan di freezer.

Ini percobaan pertama saya. Pas banget masih ada stok bakso sapi mix tempe homemade di freezer buat melengkapi.

image

Tinggal tambahin mie, lengkap deh. Mie nya homemade juga. Jadi pengen bikin. 😁

Selamat mencoba. :)

by Ina Ummu Umar

My Fusion Risoles

Sekarang kan lagi zamannya makanan fusion ya. Contohnya kayak makanan western dipadukan dengan makanan lokal gitu. Nah, saya mau coba nih bikin sesuatu yg nggak biasa. Sebetulnya sih bukan menyengajakan diri untuk bikin makanan yang aneh-aneh. Tapi isi kulkas yang memaksa saya bereksperimen. Kayak apa ya jadinya? Yuk lanjut bacanya biar nggak penasaran. 😋

Jadi tadi saya lagi lihat-lihat file resep. Trus nemu resep American Risoles. Bahan-bahannya juga gampang, cuma bikin kulitnya plus diisi daging asap, telur, mayones, dan keju. Daging asap saya nggak punya, tapi saya punya sosis. Oke, bisa diatur lah. Eh, ternyata pas saya buka kulkas, telur cuma cukup untuk adonan kulit, untuk isi nggak ada. Sosis juga tinggal 2, nggak cukup kalo misal isinya cuma mau sosis tanpa telur. Tapi, masih ada tahu putih 3 biji. Jengjeng! American risoles isi tahu & sosis? Fusion banget nggak sih?? 😝

Gimana rasanya ya? Kalo kata narasumber yang nggak mau disebut namanya (aka suami 😁) sih enak. Umar juga langsung abis 1,5 biji risoles ukuran besar. Yuk ah cuss lihat resepnya.

My Fusion Risoles

Bahan kulit:
100 gr tepung terigu
1 sdt garam
1 butir telur
250 ml susu cair
1 sdm mentega, lelehkan
Margarin secukupnya untuk olesan

Bahan isi:
2 buah sosis, potong sesuai selera
2 buah tahu ukuran sedang, potong sesuai selera
6 sdm mayones dicampur dengan sedikit susu kental manis, 100 gr keju cheddar parut, dan saos tomat (ganti saos sambal jika ingin pedas).

Bahan pelapis:
Larutan tepung & air secukupnya, dibuat agak kental.
Tepung panir secukupnya

Cara membuat kulit risoles:
1. Taruh terigu di dalam mangkuk besar.
2. Tambahkan garam, telur, aduk rata.
3. Tambahkan susu sedikit demi sedikit, aduk lagi sampai rata.
4. Tambahkan mentega leleh, aduk sampai rata, kemudiankan diamkan adonan sekitar 30 menit.
5. Olesi wajan datar dengan margarin, panaskan dengan api sedang.
6. Tuang 1 sendok sayur adonan, ratakan, tunggu 2-3 menit, angkat.
7. Ulangi sampai adonan habis. Hasilnya sekitar 13-14 lembar kulit.

Cara membuat risoles:
1. Bentangkan kulit, isi dengan potongan sosis & tahu, lalu lumuri dengan campuran mayones. Lipat seperti amplop. Lakukan hal yang sama sampai kulit risoles habis.
2. Celupkan risoles ke dalam larutan tepung & air, kemudian gulingkan di tepung panir.
3. Simpan di kulkas kira-kira 1 jam, setelah itu goreng hingga kuning keemasan.

Dan ini hasilnya:

image

Gampang kan? Yuk dicoba di rumah. Siapa tau nanti dapet ide fusion yang lebih keren. Risoles isi tempe atau teri medan misalnya. 😁

by Ina Ummu Umar

Cemilan Mengenyangkan: Bola Nasi

Akhir-akhir ini Umar mulai susah makan. Harus kejar-kejaran dulu baru bisa masuk beberapa suap. Maunya ngemil aja. Akhirnya saya coba cari resep cemilan yang sehat, yang bisa mengganti porsi makannya. Alhamdulillah nemu resep ini dari grup arkme. Resep saya modifikasi sedikit biar lebih lengkap gizinya. Ini resep modifikasinya.

Bola Nasi
Bahan:
2 piring nasi, lembutkan
1 buah wortel, parut dengan parutan keju
2 batang daun bawang, iris halus
200gr daging sapi, cincang halus
Garam, merica, bumbu penyedap secukupnya

Bahan pencelup:
Tepung bumbu serbaguna dibagi 2 bagian,
1 bagian di beri air (encerkan)
1 bagian biarkan kering

Cara buat:
1. Campur semua bahan hingga tercampur rata.
2. Bentuk sesuai selera.
3. Masukan kedalam tepung yang telah diencerkan, kemudian balut dengan tepung yang kering.
4. Goreng dengan api sedang cenderung kecil hingga matang.

Ini hasilnya. Cuma sedikit yang bisa difoto, keburu abis dimakan Umar. Doyan dia, mangap-mangap melulu. :D

image

Selamat mencoba. ^^

by Ina Ummu Umar

Roti Maryam Nyam Nyamm

Beberapa hari yang lalu saya nemu resep roti maryam di FB. Pernah denger sih roti maryam, tapi belum pernah nyoba. Penasaran juga, kayak gimana ya rasanya. Pas dilihat bahan dan cara buatnya ternyata cukup simple. Coba buat ah. 😁

Ini resep dari grup ARKME di FB ya. Tapi saya cuma bikin setengah resep. Biasa, takut gagal, hehe. Saya tulis resep aslinya ya.

Roti Maryam
Bahan:
500gr terigu cakra
1 sdt garam
2 sdm gula
60gr margarine
2 btr telur
3 sdm susu bubuk

Cara buat:
1. Campur semua bahan, uleni hingga kalis (kalau saya tambah ditambah sedikit air, terlalu kering soalnya).
2. Diamkan 20 menit.
3. Bagi adonan masing-masing kurang lebih 80 gr, bulatkan.
4. Rendam adonan yang sudah dibulatkan tadi dalam minyak goreng selama 30 menit.
5. Tipiskan adonan seperti kulit martabak, lebarkan, oles dengan mentega, gulung kecil memanjang, gulung melingkar, tipiskan kembali.
6. Panaskan teflon dengan sedikit mentega, panggang sesuai selera (kalau suka yang garing bisa dipanggang agak lama).
7. Topping sesuai selera, bisa manis, asin, atau gurih (karena di rumah ada bumbu kari jadi saya cocol kari aja).
Supaya lebih mudah bisa lihat gambar step by step ini:

image

Ini penampakan hasilnya:

image

Selamat mencoba. ^^

by Ina Ummu Umar

Veggie Dumplings

Sebetulnya saya merasa nggak enak, suka posting foto makanan tapi nggak bisa bagi-bagi makanannya. Jadi sebagai gantinya, saya bagi resepnya aja ya. Biar bisa praktek di rumah plus berkreasi sendiri, siapa tau malah jadi lebih enak. ^^

Kali ini cemilan yang saya bikin adalah dumplings. Beberapa hari lalu nemu resepnya di grup fb Aneka Resep Kue & Masakan Enak. Karena gampang jadi saya coba aja. Tapi seperti biasa, hobi saya adalah ngutak-ngatik resep, menyesuaikan bahan yang ada di kulkas. Alhamdulillah Umar dan Abinya doyan, bahkan nagih, hehe. Ini saya tulis resep hasil modifikasi saya ya.

Veggie Dumplings
Bahan kulit:
300 gr terigu
175 ml air matang
Sedikit garam

Bahan isian:
1 buah wortel ukuran sedang, parut
4 lembar jamur tiram ukuran sedang, cincang halus
3 buah bakso ayam, potong kecil-kecil
2 batang daun bawang, cincang halus
2 sdt udang rebon yang telah dihaluskan
Garam secukupnya
Kaldu non msg secukupnya
Bawang putih bubuk secukupnya
Lada bubuk secukupnya

Cara:
1. Campur bahan kulit, uleni hingga kalis. Bagi adonan masing-masing sekitar 20gr, pipihkan. Alas jangan lupa ditaburi terigu supaya tidak lengket.
2. Campur bahan isian.
3. Isi adonan kulit dengan bahan isian, dibentuk sesuai selera (kalau saya dibentuk setengah lingkaran)
4. Kukus selama 10 – 15 menit
5. Sajikan dengan saus atau mayones.

image

Gampang kan? Selamat mencoba. ^^

by Ina Ummu Umar

Bakso Tempe.. Yummy!!

Hari ini entah kenapa saya ngerasa pengen banget masak. Tapi nggak pengen bikin makanan berat. Cari-cari resep di hp, akhirnya nemu resep kece ini. Bakso Tempe, kayaknya enak gitu. Buka kulkas, buka kotak bahan makanan, alhamdulillah ada semua bahan yang dibutuhkan. Pas banget Umar lagi tidur. Langsung tempur!

Bahan bakso:
1 potong tempe ukuran besar
5 siung bawang putih, parut
1 butir telur
150 gr tepung kanji
60 gr tepung terigu
60 ml air dingin
1 bungkus kaldu bubuk (saya nggak pakai)
Gula garam merica secukupnya (optional, sesuai selera)
1 panci air + 3 sdm minyak sayur untuk air rebusan

Cara:
1. Potong tempe jadi 4, kukus sekitar 15 menit, biarkan dingin, kemudian parut (saya pakai parutan keju)
2. Tambahkan bawang putih parut dan telur, aduk rata
3. Masukkan tepung kanji, tepung terigu, gula, garam, merica, dan air, aduk hingga adonan kalis
4. Siapkan air rebusan, cetak adonan dan langsung masukkan ke air rebusan. Tunggu hingga mengammpung, kemudian angkat.
5. Sajikan dengan kuah bakso dan pelengkapnya

Kuah:
5 siung bawang putih, parut atau tumbuk kasar, kemudian tumis hingga harum dan kekuningan
500 ml kaldu ayam, didihkan, kemudian tambahkan tumisan bawang putih tadi, gula garam merica, daun bawang

Bahan pelengkap:
Kecap, saos / sambal, daun bawang seledri, bawang goreng, jeruk nipis
Bisa juga ditambah bihun, tahu, atau tetelan bila suka

Hasilnya jadi sekitar 35 bakso sedang dan 27 bakso kecil

image

Ini eksekusi lengkapnya (ˆڡˆ)
image

Selamat mencoba.. ^^

by Ina Ummu Umar

Siomay ‘Hulk’

Kemarin ceritanya saya mau berekseperimen dengan resep siomay yang saya temukan di internet. Saya itu orangnya suka banget ngemil, dan salah satu cemilan favorit saya adalah siomay. Ternyata suami pun suka ngemil, jadi klop deh. Tapi karena di Dumai agak susah nyari tukang siomay (selama di sini baru nemu satu tukang siomay, itu pun jauh banget dari komplek), saya putuskan untuk cari-cari resep siomay dan mempraktekkannya.

Akhirnya berhasil nemu resep siomay yg oke di sini. Bermodalkan nekat, akhirnya saya putuskan menu buka puasa sore kemarin adalah siomay. Dibilang nekat karena sebetulnya saya tidak punya semua alat yang diperlukan (food processor misalnya). Saya pikir, kalo sama-sama dihaluskan bisa pakai blender saja lah. :D Bahan-bahan sudah saya siapkan beberapa hari yang lalu, sesuai jadwal belanja mingguan saya. Pagi itu saya pun siap tempur, bismillah.

Langkah pertama menghaluskan ayam dan/atau ikan. Cukup ribet juga menghaluskan ayam pakai blender. Tapi alhamdulillah berhasil juga. Selanjutnya labu dan daun bawang. Nah, saya itu orangnya emang rada sotoy. Kadang baca resep cuma bahan-bahannya saja yang diperhatiin, jumlahnya suka seenaknya sendiri. Salah dua bahan di resep ini adalah labu siam dan daun bawang. Harusnya sih nggak banyak-banyak pakainya, cukup labu ukuran sedang dan satu batang daun bawang. Tapi karena sotoy nggak baca resep dengan seksama, yang ada di pikiran yang penting pakai labu dan daun bawang. Ada kali saya masukin 4 batang daun bawang. Labunya juga lumayan besar. Pokoknya yang ada di kulkas lah yang saya pakai.

Awalnya biasa. Blender sana, blender sini. Nah, pas dicampur baru terlihat ada yang aneh. Ini kenapa jadi hijau adonannya? Saya coba tambah tepung kanjinya, sekali, dua kali, tapi masih tetep hijau. Ya sudah, akhirnya saya pasrah. Jadilah siomay ‘hulk’ yang berwarna hijau kayak gini.

image

Tapi alhamdulillah, pas dicoba setelah maghrib, ternyata rasanya lumayan enak. Cuma emang agak sedikit ‘pedas’, terasa banget daun bawangnya. Untung suami cuek saja dan tetap makan dengan lahap. Malah bagus siomaynya jadi hijau, katanya. Unik, beda dengan yang lain. :D

image